//
you're reading...
Business Proposal, Enterpreneurship, Knowledge, Marketing Tools

Definisi Proposal

Pengertian dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan. Ada beberapa hal yang biasanya di detailkan dalam proposal bisnis:

  1. Penjabaran mendetail mengenai tujuan utama dari si penulis kepada pembacanya.
  2. Penjabaran mendetail mengenai proses bagaimana mencapai tujuan si penulis kepada pembacanya.
  3. Penjabaran mendetail mengenai hasil dari proses yang telah dijabarkan diatas sehingga mencapai tujuan yang diinginkan oleh si penulis dan juga si pembaca.
About these ads

About chandil

Just an ordinary person who want to conquer the world

Diskusi

14 thoughts on “Definisi Proposal

  1. pak,ud pernah nulis buku sblumnya???
    qmi ada tugas dari dosen mencari ttg arti n makna dr proposal….
    otomatis nti d tny ttg penulisnya n saya lun peranh mendngar nama “chandil”….
    apa chandil nama asli bapak ato baapak punya nama asli?????
    maaf klo saya kurang sopan….

    Posted by bLack_girL | September 16, 2008, 6:46 am
  2. Haloo Pak ,salam knal..Saya ingin menanyakan Cara menbuat Proposal untuk seorang Pelukis sepetisaya ini yg Tujuannya mencari Donasi untuk Mbuat Pameran Lukisan dan dukungan dana untuk Berkarya…karena saya blum terkenal dan bukan seniman yg mampu/berduit. juga saya ingin ada seorang Manager untuk mengadakan Pameran di kota2 besar di Indonesia.Mohon Petunjuk Bapak yg Budiman,dan sebelumnya saya ucapkan terimakasih. SALAM ^_^ ( SUTA/wijana88@yahoo.com)

    Posted by SUTA WIJANA | Desember 1, 2008, 1:38 pm
  3. ok!

    Posted by tiwik | Maret 5, 2009, 2:50 am
  4. Assalamu alaikum.slm knl pak,sblmny sy mohon maaf saya disini hanya ingin minta penjelasan ttg pengertian proposal dan macam2nya/jenis2nya pak karena saya dikejar tugas deadline untuk memenuhi tgs makalah utk mata kuliah b.indonesia.terima kasih atas bantuannya

    Posted by Hatya mahadika pratama | Maret 11, 2009, 3:05 am
  5. pak, saia kan disuruh membuat proposal untuk karya ilmiah siswa tpi saia tdk tau bagaimana cara membuatnya.. Bisakah bapak memberitahu saia? e-mail saia : pree.c.la@live.com

    Posted by Prisilla | Maret 21, 2009, 11:19 am
  6. saya minta contoh proposal surat penawaran kerjasama yang baik

    Posted by ajat | Juni 14, 2009, 3:45 pm
  7. Pak kami baru membuka usaha provider outbound juga wargame/ airsoft game trus pengen buat proposal penawaran ke perusahaan/instansi minta tolong masukannya dan kalo emang ada contoh juga sangat membantu kami. terima kasih…

    Posted by kang jo | Juni 24, 2009, 10:00 am
  8. assalamualaikum,, pa aq mu tnya ? aq kan mu buat sebuah komik, tapi belum terlalu paham, cara utk membuat laporan proposal tentang komik? agar dapat di setjui oleh pihak2 lain nya
    terimakasih … mohon bantuan nya ya,,,,,

    Posted by mega nur | Agustus 14, 2009, 3:05 am
  9. Ohh… jadi dasar dari tujun singkat dan tentang pembuatan proposal kaya gitu tooo????

    yaa gua hanya sedikit kepingin tau aja…. solanya plajaran di sekolah waktu dulu dah lupa sih
    Saya harap ini bisa bermanfaat bagi ku.

    Posted by hendrik hozali | Maret 27, 2010, 9:48 am
  10. wah pas x aku lagi nyari definisi dari proposal…

    kenapa g dengan contonya troz?? karena aku disuruh cari contohnya juga… :D

    Posted by keyy | Oktober 7, 2010, 12:22 pm
  11. Senang baca informasi yang ada.Trims

    Posted by Paul Mauregar Lalong | Oktober 8, 2010, 11:37 am
  12. emzzz.. ada yang lebih lengkap ngxx?

    Posted by Mardha | November 27, 2011, 4:21 am
  13. pak…. saya tidak mengerti bgmna cara membuat proposal yang berhubungan dengan psikologi…. tolong dijelaskan

    dan kalau bisa coba berikan salah satu contoh judul proposal yang berhubungan dengan psikologi.

    trimakasih pak…. jawaban anda saya tunggu….

    Posted by vera | Desember 20, 2011, 12:30 pm
  14. pak kami. dari para tukang ojek/parkir liar ingin membuat proposal pengajuan terhadap gedung besar gimana cara nya yaa…..makasih……yaaa kalo bisa mohon dibantu contoh proposal nyaa doonk untunk mengajukan kepada gedung tersebut.(stone hard933@yahoo.co.id).

    Posted by stone | Agustus 12, 2012, 8:20 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Total Hits

  • 887,150 hits

Berkas

Tell A Friend About My Blog

SocialTwist Tell-a-Friend
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: