//
you're reading...
Business Proposal, Enterpreneurship, Knowledge, Marketing Tools

Langkah-langkah sebelum menulis proposal

Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana caranya membuat proposal bisnis yang baik dan sukses, kebanyakan orang membuat proposal bisnis asal-asalan tanpa tahu bagaimana menjabarkan tujuan dibuatnya proposal bisnis tersebut. Sehingga isi proposal bisnis tidak terstruktur dengan benar sehingga mengakibatkan si pembaca proposal kurang mengerti apa yang diterangkan didalam proposal tersebut. Pembuatan proposal bisnis harus dimulai dengan tujuan yang jelas, apakah proposal bisnis tersebut dibuat dengan tujuan untuk meyakinkan investor ataukah proposal bisnis itu dibuat dengan tujuan untuk mengajak kerjasama, atau yang lainnya.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menulis sebuah proposal:

  • Mengerti akan tujuan dibuatnya proposal tersebut.
  • Mencari informasi umum mengenai peluang bisnis yang ada, dengan cara membaca majalah, buku, internet, atau surat kabar.
  • Mengetahui detail pelaksanaan yang akan terjadi.
  • Mengetahui Karakter Investor atau partner bisnis anda.

Proposal bisnis memiliki 2 buah tujuan, yaitu:

  • Sebagai pedoman dalam menjalankan bisnis sehingga arah dan tujuan yang diinginkan mempunyai jalur yang jelas dan pasti.
  • Sebagai alat untuk meyakinkan investor.
Tentang chandil

Just an ordinary person who want to conquer the world

Diskusi

211 pemikiran pada “Langkah-langkah sebelum menulis proposal

  1. Salam kenal,saya ingin membuat proposal sebagai fund manager. Situasinya, bisnis saya bergerak dalam bursa berjangka,seperti yang bapak mungkin pernah dengar perusahaan – perusahaan besar seperti Valbury,Millenium,dll… oleh karena itu sayang berkeinginan untuk membuat proposal tawaran kerja sama kepada investor.

    Terima Kasih

    Posted by Prayudha Dharma | Agustus 16, 2007, 5:15 am
  2. tolong berikan contoh proposal, kegiatan pramuka

    Posted by hasnan | September 1, 2007, 4:21 am
  3. Dear, Sir…

    saya mohon bantuannya. Tolong kirim saya contoh proposal untuk membuat usaha counter handphone (hp new+second, pulsa fisik+elektronik, aksesoris, dll). Rencananya ada orang yang akan memberi saya modal antara 50-100 juta. Jika ada masukan mengenai usaha lain, yang kira2 menurut bapak prospeknya lebih cerah, mohon masukannya juga.
    Terima kasih sebelumnya.

    Regards,
    Cecep

    Posted by Cecep Wahyu P | September 19, 2007, 8:57 am
  4. mas bisa kasih contoh proposal bisnis ga

    Posted by faishal | Oktober 19, 2007, 11:32 am
  5. salam kenal saya sebagai siswa kelas 3 SMK diberi tugas untuk membuat proposal karya saya yaitu refill ink and toner printer karena say masih sangat awam tentang pembuatan proposal saya sangat senang sekali jika saudara membantu saya
    terima kasih

    Posted by Nurhatika | November 14, 2007, 3:41 am
  6. salam bahagia ..pak boleh minta kirim contoh proposal bisnis ?, saat ini saya di bidang pengolahan sampah dan saya akan mengajukan proposal kepada salah satu perumahan agar agar saya dapat mengelola pengolahan sampah yang ada di perumahan tersebut ,, mhon bantuannya , trima kasih ..

    Posted by agung | November 14, 2007, 7:05 am
  7. Hi Sir,

    Saya kerja di salah satu bank asing sebagai business
    development. Dalam waktu dekat ini saya ingin mengajukan proposal penawaran kerja sama ke salah satu perusahaan migas di Indonesia. Bentuk kerja samanya berupa, bank saya akan memberi eksklusifitas kepada perkerja perusahaan migas tersebut, tapi sebagai timbal balik dari perusahaan tersebut adalah, saya diizinkan presentasi di depan karyawan agar supaya karyawannya mau menjadi nasabah bank kami.

    Bisa kah bapak bantu saya dalam menulis proposal?

    Thanks a lot sir..

    Posted by nina | Desember 16, 2007, 1:47 am
  8. salam kenal…..
    Bisa minta tolong dibuatkan contoh proposal penawaran barang.
    sebagai ilustrasi, saya ingin menawarkan produk makanan siap saji ke berbagai restaurant di jakarta.
    Dan mohon masukannya juga apakah saya harus membawa sample gratis ke perusahaan yang akan saya presentasikan ?
    bisakah contoh proposal tersebut dikirimkan ke saya via email saya?

    Trimakasih

    Posted by rinny | Januari 14, 2008, 4:05 pm
  9. bisa tolong kirimkan contoh proposal perumahan elit??

    Posted by Richard | Januari 16, 2008, 12:35 pm
  10. haii, saya ingin membuat proposal bisnis usaha jahitan yang dikhususkan pada kebaya. tolong kirimkan contoh proposalnya. thanks ya

    Posted by chika | Januari 23, 2008, 8:39 am
  11. hey,,boleh minta tolong???saya dbuatkan contoh proposal tentang usaha dibidang otomotif. cpet y….. thanks before :-)

    Posted by sucie | Januari 27, 2008, 5:42 am
  12. mas,saya mau buat acara reuni akbar,,
    bisa bantu saya kirimkan contoh proposal untuk sponsor gak??

    terima kasih

    Posted by myrna | Januari 30, 2008, 6:52 am
  13. Kang saya butuh contoh proposal untuk investor, proposal apa aja boleh

    Posted by m nurya | Januari 31, 2008, 7:15 pm
  14. Hi moderator,salam kenal:) nama saya adhy,saya tertarik dgn ulasan ttg cara menulis proposal yang baik.
    boleh saya dikirimin materi/contoh salah satu proposal ttg music / Project music.
    kebetulan saya sedang dalam penggarapan kerjasama untuk project music.
    thx a lot moderator:)

    Cheers
    Arsyadi Gustian
    http://www.stereomantic.com

    Posted by Arsyadi Gustian | Februari 3, 2008, 11:29 am
  15. hiii….
    tolong dunk buat contoh proposal untuk konser paduan suara.
    Tx b4.
    Bravo!!!

    Posted by bornok | Februari 18, 2008, 4:36 am
  16. pak tolong kirim contoh proposal pendirian konveksi dan toko grosir pelengkapan sekolah
    terima kasih

    Posted by arifin | Februari 19, 2008, 3:47 am
  17. minta contoh proposal bisnis pengemukan sapi,ayam petelor dsb

    Posted by ali | Februari 19, 2008, 11:40 pm
  18. pak bisa kasi bentuk formatnya proposal bisnis yg baik dan benar…
    saya masi kebingungan menentukan formatnya dan isinya apa saja….

    Posted by savec | Februari 26, 2008, 6:30 am
  19. Soree…

    Pak, minta tolong donk dikirimkan konsep cara buat proposal yg baik, benar dan menarik. Rencananya saya mau buat proposal utk Bank Mandiri dalam rangka penawaran sajadah utk perlenkapan haji 2008

    Saya tunggu responnya…

    Terima kasih

    Posted by Reiny | Februari 29, 2008, 7:46 am
  20. mohon petunjuk dalam pembuatan proposal penawaran sponsor kegiatan parade musik dan proposal bakti sosial sunatan masal.terima kasih

    Posted by OKKY | Maret 4, 2008, 11:27 am
  21. hello pak…
    kbetulan saya seorang mahasiswa di slh 1 perguruan tinggi dan ingin mengajukan sbh proposal usaha gallery untuk ditujukan ke univ tmpt saya kul…. bisa minta tolong ksh petunjuk ttg penyusunan proposal usaha yang baik?

    mksh ;)

    Tentunya kalo yang namanya usaha pasti ada untungnya alias ada duit nya. Yah anda tinggal detailkan saja keuntungan secara duit untuk universitas tersebut dan tentunya di tambahkan keuntungan dari sisi sosial dan pendidikan.

    Salam Sukses,
    Chandil

    Posted by icco | Maret 4, 2008, 12:44 pm
  22. tOlong dunkz minTa contoh proposal usaha tentang penjualan komputer keY!!!!

    Posted by sEpty | Maret 11, 2008, 3:10 am
  23. saya ada tugas bikin proposal menyelidiki tentang para alumni gimana ya caranya? saya diminta untuk mencari tau apa yang mereka lakukan saat ini apa sudah sesuai dengan yang mereka inginkan dulu apa belum

    Posted by keisha | Maret 19, 2008, 2:03 am
  24. salam kenal, saya akan memulai usaha bidang pengelolaan air limbah padat dan cair cuma saya belum bisa membuat proposal kepada pihak swasta, tolong dong buatkan konsep proposalnya makasih banyak

    Posted by ali | Maret 19, 2008, 9:41 am
  25. tolong dong buatkan konsep proposal usaha di bidang pendidikan dan makanan. thank be 4 n after

    Posted by st | Maret 29, 2008, 4:59 pm
  26. salam kenal nama saya ama.saya ada tugas untuk membuat contoh proposal konser musik. saya mohon di buatkan karena waktunya sudah mepet

    Posted by ama | Maret 31, 2008, 5:54 am
  27. salam, bisa perlihatkan contoh proposal pengelolaan sampah, ??

    Posted by ridwan | April 1, 2008, 5:26 am
  28. Saya ada kans untuk mengembangkan suatu daerah agar menjadi daerah wisata dan edukasi, bisa gak kirimkan out line proposalnya seperti apa ya? Trims

    Posted by Winggit | April 2, 2008, 1:27 am
  29. tolong kirim contoh proposal usaha

    Posted by mey | April 2, 2008, 7:27 am
  30. please contoh proposal bisnis kulit kambing

    Posted by zamroni | April 8, 2008, 4:48 am
  31. mas, saya ingin menawarkan suatu usaha kpd klien saya,
    mohon bantuanya,untuk memberikan contoh proposal yg trebaik,dri smua proposal yg ada,agar dpt menarik klien saya untuk bekerjasama..,trimakasih atas tanggapan dan bantuanya..

    Posted by hendra | April 9, 2008, 4:35 am
  32. hallo sobat mas chandil help me onegai saya baru datang dari jepang untuk program petani muda magang ke jepang setelah pulang kenegara dan berada di daerah saya ada tawaran untuk membuat taman kota bagroun saya di jepang belajar bunga potong bersama bapa bupati saya di tawarin bikin taman kota tapi saya sedikit fuanna alias bingung bikin proposal kasih contohnya dong pleaseeee

    Posted by fahrul razi | April 10, 2008, 6:04 am
  33. mas,saya dapat tugas membuat suatu model pelatihan/ pengembangan SDM dalam sebuah pengajuan proposal lengkap. Tolong berikan saya contoh proposal tersebut segera karena tugasnya sangat mendadak.mohon bantuannya.. Terima kasih

    Posted by Argo | April 12, 2008, 5:14 pm
  34. Hello Pak,….

    Pak saya mau buat proposal penawaran kerjasama dengan salah satu Bank Swasta, jadi ktr saya ingin mengajak kerjasama apabila customer kami belanja di toko kami menggunakan kartu credit card bank tersebut maka customer kami mendapatkan discount 20%.
    Saya minta tolong dikirimkan contohnya dong.

    tks

    Silahklan ditambahkan benefit bagi bank swasta tersebut jika bekerja sama dengan toko anda, contohnya anda memasang logo atau poster bank tersebut, atau sebagainya.

    Salam Sukses,
    Chandil

    Posted by melani | April 22, 2008, 4:13 am
  35. Dear sir,
    saya mohon bantuannya. Tolong kirim saya contoh proposal untuk membuat usaha counter handphone (hp new+second, pulsa fisik+elektronik, aksesoris, dll). Rencananya ada orang yang akan memberi saya modal antara 50-100 juta. Jika ada masukan mengenai usaha lain, yang kira2 menurut bapak prospeknya lebih cerah, mohon masukannya juga.
    Terima kasih sebelumnya.

    Regard,
    sarah

    Posted by sarah | April 26, 2008, 7:49 am
  36. Holla….

    salam kenal …
    tolong kirimkan contoh proposal majalah sekolah,solanya saya sangat perlu untuk membuat majalah sekolah yang langsung bisa di terima sama kepala sekolah

    Coba anda sisipkan diproposal tersebut mengenai biodata guru, aturan-aturan baru sekolah, tips-tips menghadapi test atau ulangan, atau sesuatu yang bermanfaat banyak untuk siswa dan guru. Dijamin langsung di terima oleh kepala sekolah.

    Salam Sukses,
    Chandil

    Posted by Arie | April 27, 2008, 7:16 am
  37. salam pak, saya rencana utk sewa lokasi/area di mall utk buka usaha minuman. Pihak manajemen membutuhkan proposal yang bisa menjelaskan detail usaha yang akan saya jalani. Mohon diberi contoh proposal yang bisa meyakinkan manajemen mall. urgent !!! thanx byk

    Tentunya kalo dilihat dari sisi manajemen mall mereka akan melihat keunikan usaha yang anda jalankan dibandingkan dengan usaha sejenis yang ada di mall mereka, eksistensi bisnis yang anda jalankan apakan long term business atau short term business, tentunya mereka lebih suka dengan long term business, kualitas dari sajian yang anda jual haruslah sesuai dengan selera pengunjung.

    Salam Sukses,
    Chandil

    Posted by Robin | April 29, 2008, 10:39 am
  38. aKu IngiN ngAdaiN s’buAh KegiAtan taPi KuranG taU cAra buAT pRopoSal

    Posted by dan_dp07 | April 30, 2008, 9:06 am
  39. hallo

    boleh minta kirimkan contoh proposal bisnis, soalnya saya sangat perlu untuk belajar kewirausahaan.

    Posted by fitri | Mei 3, 2008, 3:52 am
  40. pak tolong saya kirimi contoh proposal bisnis karena saya masih awam tentang pembuatan proposal bisnis,atas baantuannya saya ucapkan terima kasih…

    Posted by yudha | Mei 4, 2008, 6:53 am
  41. alaww
    lam kenall
    mau buat proposal usaha
    n kerja sama bisnis tp masih bingung format yg baek,,tlong kasih contoh nya dong.
    thxx b4

    Posted by moell | Mei 7, 2008, 4:00 pm
  42. Hallo pak….
    saya pengen buka usaha sendiri, tp terbentur dana, mangkanya si ‘dana’ ini hanya bisa kluar dengan mulus kalo saya bikin proposal yg bagus, makanya saya mohon kesediaan bapak mengajarkan saya dan memberi contoh proposal yg bagus gitu lo pak…..

    Makasih yaa………………

    Tentunya sang investor akan melihat seberapa jelas dan seberapa kuat anda memahami bisnis yang akan anda tawarkan kepada mereka. Hal ini dapat anda jelaskan sejelas-jelasnya di proposal dimana tentunya berisi mengenai semua aspek terhadap bisnis yang anda tawarkan. Semakin bagus dan lengkap proposal yang anda buat maka investor akan semakin yakin terhadap anda.

    Salam Sukses,
    Chandil

    Posted by Herni Hernawati | Mei 14, 2008, 10:33 am
  43. sy ,mahasiswa fakultas ekonomi universitas udayana ingin mengajukan proposal kerja sama bisnis dengan hotel di bidang supply makanan.
    tolong kirimkan contoh proposal yang baik.
    terimakasih sebesar-besarnya.
    sy tunggu…

    Posted by mahendra irawan | Mei 20, 2008, 1:56 pm
  44. lam knl saya hendrik,saya ingin membuka usah warnet!tapi saya gak tau cara pengajuan proposal untuk investor saya.tolong ajari saya cara pembuatan proposal itu.

    Posted by hendrik | Mei 21, 2008, 11:13 am
  45. mas kirimin contoh proposal usaha jasa dong..
    saya usaha laundry yg mau dipasarkan ke hotel2 atau institusi yg membutuhkan..

    Posted by andre | Mei 23, 2008, 3:17 pm
  46. sy mahasiswa institut teknologi bandung (ITB) jurusan komputer. sy di tugas kan oleh dosen saya untuk membuat proposal tentang membuat limbah.

    saya minta tolong sebesar besarnya di buatkan proposalnya secepatnya karna di kasih waktu tiga hr dr sekarang oleh dosen saya

    terimakasih sebelumnya terimakasih

    Posted by tan guru supeno siregar | Mei 24, 2008, 11:09 am
  47. pak,tolong minta buatin contoh proposal untuk berwirausaha mendirikan sebuah rental dan print komputer

    Posted by ana | Mei 29, 2008, 7:54 am
  48. Pagi,

    Pak tolong bagaimana cara kita membuat profile perusahaan, sebagai informasi perusahaan kami bergerak dalam bidang pembuatan Sign ( rambu-rambu lalu lintas, dibandara dan dijalan raya ).
    Saat ini kami bermaksud untuk mengajukan proposal kesalah satu kabupaten yang ada di provinsi kami.
    Saya mohon untuk dibantu sehingga kami bisa mendapatkan tender tersebut. terima kasih

    Posted by Nung | Mei 30, 2008, 12:52 am
  49. siang,,,
    bisa minta tolong kirimkan proposal rencana bisnis yang bergerak di bidang jasa dan dapat di terima perusahaan dan masyarakat umum.
    saya mohon bantuannya, terima kasih.

    Posted by puput utami | Mei 31, 2008, 5:31 am
  50. malam……..
    Mohon kirimkan saya contoh proposal usaha apa aja,untuk tugas mata pelajaran kewirausahaan saya, terima kasih banyak……..

    Posted by roni m. | Juni 2, 2008, 12:52 pm
  51. pak bisa kirimin contoh proposal warnet dan bisnis Hp new/second, pulsa fisik dan elektronik juga service hp

    Posted by Yudi Permana | Juni 4, 2008, 10:00 am
  52. malam, pak saya mohon bantuannya dunk, karena saya tidak tahu cara membikin proposal penawaran barang yang baik dan benar. rencanaya saya mau bisnis counter di koperasi sebuah perusahaan,rencanaya saya mau jual pulsa+voucher+hp baru+second.saya mohon bantuannya.terima kasih.

    Posted by asep | Juni 6, 2008, 3:52 pm
  53. salam kenal, pak saya akan memulai usaha bidang pengelolaan air limbah padat dan cair cuma saya belum bisa membuat proposal kepada pihak swasta, tolong dong buatkan konsep proposalnya makasih banyak. saya mohon kirim email ke saya veronica_cantik55@yahoo.com

    Posted by veronica | Juni 8, 2008, 4:07 pm
  54. Asalamualakium,
    pak, saya ada rencana bikin investasi semacam pembikinan warnet depot air minum, dan rental komputer karena di tempat saya langka sekali. tapi kendalanya saya tidak punya modal sama sekali, tolong kirimkan saya contoh proposal semacam itu dan kemana harus saya ajukan. wasalam

    jalaluddin
    karawang

    Posted by jalaluddin | Juni 9, 2008, 7:23 am
  55. pak,saya ingin membuka usah warnet!tapi saya gak tau cara pengajuan proposal untuk investor saya.tolong ajari saya cara pembuatan proposal itu.

    Posted by jalaluddin | Juni 9, 2008, 7:25 am
  56. saya tertarik dengan rental bunga hias, untuk intansi pemerintah, non-pemerintah, hotel dan perorangan. Bisa kirim saya proposal. saya juga punya beberapa ide yang ingin ditawarkan kepada investor untuk sarana promosi mereka. Alhamdilillah saat ini saya sedang berjalan kerjasama dengan salah satu perusahaan dengan sistem kepercayaan (tanpa proposal lagi). saya ingin sesuai prosudur yang benar kok, mohon kirim sya contoh2 proposalnya. trimakasih banyak ya… pak

    Posted by ian | Juni 14, 2008, 2:22 am
  57. pak bisa kirim contoh proposal untuk toko sekolah saya alamat sekolah saya smk 2 kristen tomohon Jl. Kampus Kurangan talete II kota Tomohon SULUT Telp. (0431)351074

    Posted by supriadi kaidun, S.Pd | Juni 14, 2008, 4:22 am
  58. malam…
    perkenalkan saya mahasiswa fak ekonomi di makassar. saya punya tugas membuat laporan bisnis. pak, tolong kirimkan contoh laporan bisnis cafe. maaf, bila ada kata-katanya kurang berkenan. terima kasih sebelumnya

    Posted by riani | Juni 15, 2008, 11:31 am
  59. pak…bisa bantu saya…ngasih tahu giman bikin proposal…tentang sunatan masal…karena saya mo bikin kegiatan sosial ama temen2….a lot of…

    Posted by hendi ciputra | Juni 15, 2008, 2:51 pm
  60. tolong kirimin saya cntoh proposal bisnis hp new/second,pulsa fisik dan elektronik juga service hp.

    sebelumnya thanks…

    Posted by ater | Juni 16, 2008, 9:20 am
  61. saya ada tugas untuk membuat contoh proposal usaha rumah makan, tolong kirim ke email saya ya, contoh proposal usaha rumah makan….

    Posted by gadiez | Juni 17, 2008, 1:08 am
  62. halo pak ,,tolong kirimin proposal mendirikan usaha jasa klining servis

    Posted by Masfuk mubarok | Juni 18, 2008, 4:37 pm
  63. P’ minta bantuannya u/ memberikan contoh Proposal bisnis dalam taman rekreaksi.
    Trims.

    Posted by sunu | Juni 20, 2008, 5:49 am
  64. Saya minta tolong sekalai kirimkan contoh proposal u bidang konveksi saya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Posted by hasbi | Juni 25, 2008, 10:08 am
  65. kalau boleh saya minta tolong buatkan proposal 17 agustus 1945, saya yakin pasti lain daripada yang lain, sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    Posted by faisal albreky | Juni 26, 2008, 9:43 am
  66. mas..saya mau membuat tugas tentang proposal Internet cafe.. tolong yach..cara membuatnya…..

    thanks…atas bantuanya..

    Posted by Tommy | Juli 4, 2008, 4:27 pm
  67. Salam Kenal, Pak Saya mahasiswi fakultas ilmu komunikasi jurusan marketing communication saya minta tolong kirimin contoh proposal pengajuan magang ke instansi dong!! kirim ke email saya ya..
    Sebelumnya Saya ucapkan terima kasih

    Posted by Sehti Nurhayati | Juli 11, 2008, 9:26 am
  68. Assalamualaikum….pak
    Langsung saja ya pak…..keluarga kami memiliki usaha pembuatan minuman energi yg sudah mendapat izin usaha dari pemerintah.
    Dan saat ini kami ingin mengirimkan proposal usaha kami ke toko² atau supermarket di kota kami.
    Dalam pembuatan proposal pengajuan/ penawaran barang/ bisnis kami masih awam.
    Mohon bantuan dari bapak untuk mengirimkan contoh² pembuatan proposal pengajuan/penawaran bisnis.
    Sebelumnya kami ucapkan banyak² terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

    Wassalam

    Posted by antok | Juli 14, 2008, 9:45 am
  69. Slmt malam Pak,
    Kenalkan saya pak tio.
    sudi kiranya bpk membantu saya. Mohon bantuan membuat contoh proposal untuk usaha counter handphone (hp new+second, pulsa fisik+elektronik, SERVER PULSA ,aksesoris, dll). Rencananya ada BEBERAPA orang yang akan memberi saya modal. dimana modal yg dibutuhkan antara 250juta. juga penjelasan laba bila lebih 3 org pemodal tapi modal msg2 berbeda.
    Terima kasih sebelumnya.

    Posted by andotio | Juli 16, 2008, 3:48 pm
  70. tolong buat kan contoh proposal 17 agustus

    Posted by nur hamida | Juli 22, 2008, 12:19 pm
  71. maaaf aku mau mintaa contoh proposal penawaran barang

    Posted by arya | Juli 27, 2008, 5:28 am
  72. malam mas , minta tolong mas buatin contoh surat penawaran atau proposal, sy sedang merintis jasa fotography, video shooting, saya mau belajar mandiri. terimakasih sebelumnya ya…

    Posted by frans | Juli 28, 2008, 12:51 pm
  73. pak tolong kirimkan saya contoh proposal kerja sama
    saya mendirikan bisnis warnet.
    pembuatan proposal saya bertujuan untuk investor
    terima kasih banyak
    salam sukses selalu

    Posted by Andi Lim | Juli 28, 2008, 1:04 pm
  74. saat ini bisnis trading hasil tambang mempunyai prosfek yang bagus..untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Saya mempunyai peluang unutk itu…bisa dikrimkan proposalnya. Ada beberapa Investor yang yang berminat. Tq

    Posted by Husni tamrin | Juli 31, 2008, 1:45 am
  75. tolong kasih tips pembuatan proposal permohonan asisten dosen sufi healing

    Posted by subkhan | Juli 31, 2008, 6:44 am
  76. hai,saya iren dari smkn 2 mataram kelas 3.bisa bantu saya ga? saya diberi tugas sama guru saya membuat proposal,,sesuai dengan jurusan saya yaitu pariwisata,disini ada 3 bagian untuk dipilih yaitu,Ticketing,travel,guide,tetapi saya mengambil Ticketing,saya training di Trans Nusa/Trigana Air.bisa ga memberikan bantuan,untuk saya?

    Posted by irene da gomez | Agustus 8, 2008, 4:42 am
  77. THANKS, artikel anda sangat berguna ..salam sukses

    Posted by permata | Agustus 9, 2008, 9:00 am
  78. Pak minta tolong, saya ini mau mengadakan kerja sama dengan suatu instansi pendidikan untuk membuat pakaian seragam instansi tersebut, kami bingung membuat format pengajuan penawaran yang benar dan baik, oleh sebab itu saya minta kirimi contah format pengajuan kerjasama tersebut.

    Posted by joni | September 2, 2008, 11:47 am
  79. TERIMA KASIH ARTIKEL NYA BISA BERMANFAAT BUAT SAYA TAPI TOLONG JELASKAN LEBIH TERPERINCI LAGI YAH

    Posted by MASTER | September 6, 2008, 4:15 am
  80. Bisa minta tolong dikirimkan contoh proposal usaha bisnis restaurant, sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih.

    Posted by Ragit | September 7, 2008, 7:37 am
  81. salam kenal pak, tolong saya dibuatkan proposal usaha dalam bidang usaha bioskop mini,rental studio musik,& rental play station,proposal ini akn saya gunakan untuk mendapatkan investor.tx2

    Posted by Didik efendi | September 10, 2008, 1:29 pm
  82. saya minta tolong kirimi contoh pembuatan proposal untuk taman sekolah kami trims

    Posted by nurbiantoro | September 14, 2008, 11:46 am
  83. Dear Bpk disana,
    Saya adalah seorang mahasiswi yang ingin memcoba membuat usaha sendiri, tapi saya bingung bisnis apa yang cocok untuk saya dan modal saya, karena saya ini mahasiswi yang tdk mempunyai modal banyak. Lalu seandainya saya sudah menemukan bisnis yang cocok untuk saya, saya juga pasti akan bingung bagaimana cara membuat proposal yang baik agar ada seseorang yang mau berinverstasi dlm bisnis saya. Karena kalo dilihat dari latar belakang dan pengalaman, jujur saya belum pernah membuat usaha. Saya harap bpk bisa membantu saya.
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih kepada bapak.

    Posted by Lia | September 15, 2008, 5:30 am
  84. salam kenal, sy mahasiswa tek. industri prtanian.. tolong kirimin contoh proposal bisnis tentang industri pangan..

    Posted by panko | September 20, 2008, 2:51 am
  85. saya tinggal di sidoarjo mau buka bisnis mini cafe rencananya mau format kayak di kemang fest tu loh. mas tolong kirimin contoh proposal kerjasama bisnis kira2 cuma butuh 10 juta.

    Posted by taufan bahtiar | September 22, 2008, 12:42 pm
  86. salam kenal saya ahmad di surabaya,saya mau buat kafe malam di kampus dan saya mau cari investor, kira-kira bagaimana bentuk propaosal bisnisnya? saya bisa minta dikirimkan contohnya. terima kasih

    Posted by ahmad makinun arif | September 25, 2008, 5:19 am
  87. saya minta tolong untuk di buatkan contoh proposal bisnis….

    Posted by dwi | September 28, 2008, 4:52 am
  88. Saya ingin sekali membuka sebuah cafe,saya sudah mempunyai konsep yang saya rasa bisa bersaing di pasar.Tapi saya belum tahu benar bagaimana cara menawarkan konsep saya tersebut.Bagaimana cara untuk membuat proposal kerjasama yang baik.Tolong untuk bantuannya….,salam sukses

    Sulton Muhammad

    Posted by Sulton Muhammad | Oktober 7, 2008, 2:28 am
  89. Assalamualaikum….
    Mas kirimin aku contoh konsep/proposal konser artis dunk…
    mau belajar ngerangge buat hiburan di daerah…agar suasana lbh hidup

    biar ngabisin uangnya di daerah sendiri dari pada ke negara org..hehehe

    Tulungin ya mas..
    thank a lot

    Posted by Yani | Oktober 7, 2008, 3:13 am
  90. langsung aj kalleeeeeeeeee…………..
    to do poin aj ke contohnya !!!!!!!!

    Posted by fara | Oktober 7, 2008, 12:52 pm
  91. hai,saya ii dari sman 11 makasar kelas 2.saya diberi tugas sama guru dengan jurusan saya ipa.
    tolong saya do……ng !
    kasi contoh sebuah proposal !!!!!!!

    Posted by fara | Oktober 7, 2008, 12:57 pm
  92. tolong buatkan contoh proposal usaha penerbit buku

    tlong ya

    Posted by hanafi | Oktober 10, 2008, 3:51 am
  93. pak,
    mohon ma’af sbelumnya,
    kemarin saya sudah mengirim comment untuk proposal pendirian bisnis cafe,
    saya minta tolong untuk bantuannya mengenai cara membuat proposal pendirian bisnis cafe yang baik,dan tolong kirimkan ke e-mail saya beserta contohnya.
    sekian terima kasih,

    sulton muhammad
    denpasar_85@yahoo.com

    Posted by sulton muhammad | Oktober 12, 2008, 3:07 am
  94. tolong dong buatin proposal tentang pemberdayaan masyarakat nagari, dimana mau mengembangkan usaha sulaman emas, bordiran dan perbengkelan… tolong bantu saya…. thanks u sblmnya..

    Posted by rina | Oktober 14, 2008, 5:00 am
  95. sore, saya vina dari medan. bisa bantu saya ga? saya diberi tugas sama dosen untuk membuat proposal pulsa. thank ya n salam sukses selalu.

    Posted by vina | Oktober 14, 2008, 8:45 am
  96. tolong kirimkan contoh pengajuan proposal penjualan handphone

    Posted by andik | Oktober 15, 2008, 2:30 am
  97. mas atau mbak yang punya web ini, boleh ngga aku minta tolong ???

    aku boleh minta contoh proposal usaha ngga…..

    tolong kirimin aku ya!!!!

    thanks so much….

    Posted by isnanto | Oktober 17, 2008, 1:53 am
  98. siang,bisa buatin proposal tentang pendirian rental warnet,lengkap……
    please banget yach….lukman
    di butuhkan cepat

    Posted by lukman indra | Oktober 18, 2008, 7:20 am
  99. mat sore aku darius kalau bikin propsal untuk untuk les privat komputer disekolah2 gimana ya tolong dong bantuin aku tunggu ya di husen_darius@yahoo.co.id atau di http://arykom-manggaraibarat.blogspot.com bisa juga di
    http://darriiuus.wordpress.com/

    Posted by darius | Oktober 19, 2008, 9:38 am
  100. Mohon bantuan contoh pembuatan proposal pendirian perguruan tinggi, STIKES yang berbasis bahasa Asing,
    Tujuannya untuk menyiapkan tenaga kerja bidang kesehatan di Luar Negeri.
    Terima kasih sebelumnya

    Posted by Herdin Nurdin | Oktober 20, 2008, 6:37 am
  101. pak,
    mohon ma’af sbelumnya,
    kemarin saya sudah mengirim comment untuk proposal pendirian bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
    saya minta tolong untuk bantuannya mengenai cara membuat proposal pendirian bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang baik,dan tolong kirimkan ke e-mail saya beserta contohnya.
    sekian terima kasih, (chasjoe_ari@yahoo.com)

    Posted by teddy | Oktober 23, 2008, 6:56 am
  102. pak bisa minta tolong buatkan proposal pengajuan dana 1 M untuk mendirikan perusahaan air

    Posted by miza | Oktober 31, 2008, 2:50 am
  103. semangat pagi pak,
    saya melihat di internet banyak perusahaan yang melakukan atau mencari penjual-pembeli barang dagangan/produk.
    saya tertarik untuk bekerja sama dalam mempertemukan penjual dan pembeli barang sesuai dengan yang mereka butuhkan.tapi saya belum pengalaman.tolong ya

    Posted by reymond | November 3, 2008, 4:34 am
  104. Pa,saya minta bantuan tolong dibuatkan kerangka proposal untuk membuka tempat kursus. thanks yaa

    Posted by Elvira | November 4, 2008, 4:10 am
  105. malam, saya denada dari bekasi..
    tolong saya dong buatin proposal tentang pembuatan pensi untuk sekolah.
    trims sebelumnya.

    Posted by denada | November 4, 2008, 12:38 pm
  106. tolong contohkan proposal usaha konveksi

    Posted by nabila putri azahra | November 5, 2008, 8:01 am
  107. Salam sejahtera….
    siang pak, saya mau buka sekolahaan, tapi dananya kurang untuk perlengkapan sekolahnya, mohon petunjuk cara dan contohnya pembuatan proposal, diajukan ke pihak mana saja yang lebih pantas (perusahaan atau yayasan), dan bagaimana caranya pengajuannya.
    saya mohon petunjuknya segera, terimakasih.

    Posted by ocin syaidina | November 7, 2008, 5:28 am
  108. selamat malam, perkenalkan saya gugun. gimana tata cara penyusunan proposal pembuatan percontohan hidroponik. mohon informasinya. makasih

    Posted by gugun | November 7, 2008, 12:17 pm
  109. salam sejahtera

    pak mohon bantuannya bagaimana membuat proposal bantuan modal bidang usaha menjahit untuk dijadikan konveksi. orientasinya untuk menampung tenaga kerja sehingga perlu penambahan alat2 dan juga bantuan modal untuk pengadaan bahan kaen karena meningkatnya pemesan.

    terima kasih sebelumnya, sukses selalu.

    Posted by taofiq yusup | November 11, 2008, 2:22 am
  110. salam kenal pak,saya ratih di surabaya tolong bantu saya donk kirimin contoh proposal laundry untuk sebuah rumah sakit karena saat ini saya sangat membutuhkan nya di tunggu balasan emailnya yach
    trima kasih sebelumnya sukses selalu buat anda

    Posted by ratih | November 11, 2008, 1:35 pm
  111. malam sir….saya minta bantuannya donk, untuk dikirimin contoh proposal tntng pendirian tempat makan transit yang usahanya dilakukan dengan bekerjasama dengan 3 orang. dan proposal ini ditujukan untuk menyakinkan investor. terima kasih

    Posted by Laurensia Mike K | November 12, 2008, 12:34 pm
  112. salam sukses,saya woni dari jakarta.tolong bantuin buatin proposal bisnis tentang restauran donk?? tQ sebelumnya………….

    Posted by woni | November 15, 2008, 11:15 am
  113. salam hangat selalu:>
    tolong saya dikirimkan contoh proposal on the job training untuk jurusan health safety environment

    Posted by denni romadona | November 15, 2008, 4:21 pm
  114. Askum. Pak saya mo mnta tlong. ditempat saya mo ngadain event musik. saya mnt contoh proposal tuk mengadakan event musik dengan bintang tamu band ibukota

    Posted by ferdyanto | November 16, 2008, 11:22 pm
  115. ass.. pak..
    maaf kalau saya tidak bisa basa-basi dulu..
    to the point aja ya..
    tolong buatkan proposal bakti sosial dalam rangka memperingati ulang tahun organisasi kami,,yang acaranya nanti akan diisi dengan kegiatan senam massal, massage gratis, facial gratis, tensi darah dan donor darah..rencananya kami akan meminta sponsor untuk kegiatan tersebut..
    bagaimana pak..bapak bisa kan bantu saya untuk membuat proposalnya
    tolong kirim ke e-mail saya ya pak
    terima kasih sebelumnya..

    Posted by lieza | November 21, 2008, 12:04 am
  116. pak. . . Minta tolong buat kan ato contoh proposal usaha pembibitan dan pengemukan sapi potong . . . Trima kasi atas bantuanya . .

    Posted by alauddin | November 23, 2008, 2:52 am
  117. salam,
    mas saya seorang mahasiswa yang disuruh buat tgs tentang proposal dalam pembuatan usaha, mhn bantuannya untuk diberikan contohnya. trima kasih

    Posted by alya | November 25, 2008, 3:10 am
  118. saya dian…mohon bantuan bapak. saya ingin membuat acara reuni sekolah SMU. saya kesulitan membuat proposal reuni yang menarik. tolong bapak kirimkan beberapa proposal untuk reuni & tips trick agar menarik saya bisa mencari dana buat acara tersebut baik dari sponsor maupun anggota. tolong dikirim ya pak saya butuh sekali…
    tks
    dian
    Dian_jas@ymail.com

    Posted by Dian | November 25, 2008, 2:06 pm
  119. Salam kenal Pak..saya tertarik untuk mengetahui mengenai pembuatan proposal bisnis yang baik dengan tujuan meyakinkan calon investor. Bidang usahanya adalah rental studio musik yang kedepannya ingin membuka studio rekaman & kursus drum. Saya harapkan kabar baiknya dan sebelumnya terimakasih banyak

    Posted by Ravi Ametya P. | November 25, 2008, 2:23 pm
  120. pak….! tolong kirimkan contoh proposal penjualan/penawaran barang elektronik/otomotif terhadap konsumen yang lengkap plus rincian harga yang ditawarkan…trims banget…!

    Posted by Imam | November 26, 2008, 9:15 am
  121. salam..
    Askum. Pak saya mo mnta tlong. ditempat saya mo ngadain event musik. saya mnt contoh proposal tuk mengadakan event musik dengan bintang tamu band

    Posted by Fariz | November 27, 2008, 9:27 am
  122. saya Yuni …mohon bantuan bapak. saya ingin membuat acara reuni sekolah SMP. saya kesulitan membuat proposal reuni yang menarik. tolong bapak kirimkan beberapa proposal untuk reuni & tips trick agar menarik saya bisa mencari dana buat acara tersebut baik dari sponsor maupun anggota. tolong dikirim ya pak saya butuh sekali…dan tolong kirim ke alamat email saya
    rusmiati_yuni@yahoo.co.id

    tanks atas bantuannya

    Posted by yuni | November 30, 2008, 5:54 am
  123. salam

    Pak saya minta tolong bgt untuk dibuatkan contoh proposal untuk pelatihan kerja di rumah sakit, mendesak bgt pak, mohon bantuannya ya

    terima kasih sebelumnya

    Posted by putra | Desember 1, 2008, 3:04 pm
  124. Mas saya minta tolong dibantu pembuatan proposal penawaran air minum galon untuk masuk ke pabrik2 atau ke restauran. terima kasih atas bantuannya.

    Posted by ivan | Desember 2, 2008, 9:26 am
  125. Salam kenal bos….

    Ass………… Wr …Wb

    Smoga Tuhan slalu melindungi kita smua…

    Bos, kita boleh minta tolong dikirimkan contoh proposal, saya dan teman2 punya peluang bisnis automotive tapi kita kurang modal. nah bosnya teman kita nawarin mau jadi investor tapi kita harus buat proposalnya dulu.. tolong dibantu ya bos…..
    Atas bantuannya kita ucapkan banyaak terima kasih dan tambah sukses ya…..

    salam

    Posted by Alan M | Desember 2, 2008, 11:01 am
  126. tlng bagai mana proposal yg baik,
    klo bsa sm cnthnya

    Posted by wahyudi | Desember 5, 2008, 5:23 pm
  127. hi….
    boleh minta tlong g?
    tlong dunk kirimin contoh proposal bisnis makanan.
    soalnya ku ad tugas kuliah bkin proposal ‘n aku g bs ngerti sm sekali..
    Thanks bgt ya…

    Posted by YuNi | Desember 5, 2008, 11:13 pm
  128. salam
    pak, saya punya usaha laundry yang ingin mencapai kesepakatan kerja sama dengan hotel,rumah sakit dan perusahaan lainnya. untuk itu saya butuh contoh proposal yg baik untuk diajukan kpd mereka sebagai penawaraan kerja sama ..
    tolong dikirimkan contoh proposal yang baik y
    trimakasih sebelumnya..moga anda dlm lindungannya dan murah rezeki

    Posted by fahmi | Desember 9, 2008, 4:05 pm
  129. mas tolong kirimin contoh proposal membuat usaha baru di bidang food and beverage..
    terima kasih sebelumnya..

    Posted by Aimartaresa | Desember 14, 2008, 7:46 am
  130. salam kenal,
    pak saya memiliki pertanyaan sekaligus permintaan seperti saudara fahmi, yaitu contoh penawaran kerjasama laundry saya dengan hotel,dll.mohon balasannya karena saya sangat membutuhkan.atas bantuannya saya ucapkan terimakasih sedalm- dalamnya
    best rgds

    Posted by ratna | Desember 14, 2008, 2:15 pm
  131. Dear… Sir

    peace be upon you
    pak kita mw minta tolong!!! kirimin cara membuat proposal yang baik untuk diajukan kepada pihak pemerintah karna kita mempunyai organisasi english club yang sifatnya untuk mengenalkan bahasa inggris dengan baik kepada regenerasi bangsa kedepannya yang lebih maju lagi,dan program kita disini mengadakan pengajaran gratis dan kita sangat membutuhkan dana untuk melengkapi/memfasilitasi kesekretarian organisasi ini.
    terimakasi sebelumnya..

    regard
    anak2 english club

    Posted by arif | Desember 18, 2008, 12:58 am
  132. pak bisa ga beri contoh proposal buka ijin usaha ke suatu kampus ato di sekolah, saya mau jualan / usaha makanan dan minuman di kampus al ma’soem yang ada di daerah kabupaten bandung. thanks ya sebelumnya… btw bisa kirim secepatnya ga ? COS AMAT SANGAT MEMBUTUHKANNYA…….

    Posted by T.YUWONO | Desember 18, 2008, 6:47 am
  133. salam kenal… saya seorang mahasiswa. saya ingin bantuan anda untuk memberitahukan kepada saya tentang cara membuat proposal yang baik, beserta quesionernya..

    terima kasih atas bantuan anda..

    Posted by ermi | Desember 18, 2008, 7:01 am
  134. mas ,saya mo minta tolong kasi contoh pembuatan proposal untuk sekolah playgroup , kurikulum dan kelas semua sudah ada , hanya saja gimana caranya supaya orang tua tertarik untuk menyekolahkan anak-anaknya di playgroup kami ,
    oya ,bahasa pengantar playgroup kami adalah bahasa mandarin ,
    tolong dikirim ke alamat ini ya : fen_ll@ymail.com
    makasih

    Posted by nana | Desember 19, 2008, 4:15 am
  135. kirimkan saya contoh proposal bisnis kecil….

    Posted by liana | Desember 20, 2008, 2:55 am
  136. aslm.
    mhn bantuannya akh…
    cara membuat proposal untuk skripsi, tentang ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN PURNA JUAL APOTIK
    ana bingung mesti makai teori apa?

    syukron. wslm

    Posted by lisa lismana | Desember 21, 2008, 2:41 pm
  137. Greetings…Mas Sy mau minta tolong. Sy mau membuka usaha pelatihan yg berbasis website bisa tolong dikirim melalui e-mail sy?trus apa sy hrs memebayar download yg mas beri? Terima kasih.

    Posted by Yusep Abdurahman | Desember 21, 2008, 3:47 pm
  138. pak, saya bisa minta contoh proposal ga?
    saya ini sekarang sedang merintis bersama teman2 untuk membuat Event Organizer, tetapi saya tidak begitu mengerti bagaimana membuat proposal untuk klien.
    saya harap bapak bisa membantu dengan memberikan contoh2 proposal yang sudah ada.

    Terima Kasih

    Posted by Bima | Desember 22, 2008, 3:14 pm
  139. assalamu alaikum,salam kenal! saya seorang mahasiswa kebidanan ditugaskan membuat proposal donor darah untuk kegiatan senat tapi sya belum pernah buat sebelumnya.saya mohon bantuannya beri contoh proposal donor darah.mintak tolong kirim secepatnya.makasih bnget sebelumnya

    Posted by besse jamelia | Desember 24, 2008, 6:33 am
  140. saya sudah membuat proposal tentang menawarkan barang pada suatu perusahaan, usaha saya adalah alat pengemat BBM dan GAS yang rata rata saya ajukan pada perusahaan yang memakai boiler diesel dan genset, pertanyaan saya , proposal itu saya tujukan kepada bagian apa di perusahaan tersebut, dan jika proposal itu lewat email apakah pantas

    Posted by RINO | Desember 24, 2008, 10:00 am
  141. tolong kirimi saya contoh proposal pendirian studio musik

    Posted by andri | Desember 27, 2008, 3:18 am
  142. tolong dong beri penjelasan secara rinci tentang langkah langkah penyusunan proposal penjualan. tanks…………!

    Posted by adi septiani | Januari 2, 2009, 1:26 pm
  143. hajuh,,,pucing bgt gbisa bikin proposal bisnis,,,plis help me,,,
    mana musti dikumpulin minggu depan lagi,,,bisakan tolong saya,,,,
    makasih..

    Posted by samratul fuadah | Januari 5, 2009, 3:17 am
  144. Halo mas minta tlg donk diberikan contoh proposal buka usaha travel agent .. makasi ya..

    Posted by asrini | Januari 10, 2009, 4:28 am
  145. Saya minta tolong dengan sangat, contoh proposal usaha studio musik..
    Karena saya ada tugas kuliah kewirausahaan untuk menempuh ujian semester sekarang ini.Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

    Posted by kintoko | Januari 10, 2009, 4:46 pm
  146. 143.Phiter Effendi L-January 12,2009

    tolong dunk berikan contoh proposal usaha counter pulsa yang baik dan benar,thx………..!!!!

    Posted by Phiter Effendi L | Januari 12, 2009, 2:34 pm
  147. tolong kirim contoh pembuatan proposal bisnis baru dwon pak… misal’y bisnis “coklat”

    Posted by anna | Januari 14, 2009, 4:37 am
  148. tolong beri tau contoh proposal warnet donk

    Posted by rachel | Januari 14, 2009, 6:00 am
  149. saya di tugaskan untuk membuat proposal usaha, saya ingin membuat usaha kripik, bisa tolong kirimkan proposal tentang usah tsb…. :)

    Posted by ican | Januari 15, 2009, 11:59 am
  150. salam kenal dan salam peduli ,pak saya minta tlng untuk format proposal pengajuan penanganan sampah untuk kampung kami,yang akan saya tujukan kepada pemerintah daerah ,hal hal apa saja yang dapat saya cantumkan di dalamnnya ,dan hal yang p[aling penting nantinya dalam proses kegiatan selanjutnya masyarakat kami ikut dalam pemberdayaan dan pelaksanaan kegiatan tersebut ,matur nuwun ….

    Posted by dody soemanto | Januari 16, 2009, 2:24 am
  151. Pls Help,
    Saya memiliki penggilingan beras semi modern dgn kapasitas 25 ton per hari, saat ini sedang ingin saya kembangkan. Tetapi saya memerlukan suntikan modal sekitar 3 – 6 M. Boleh bantu bikin proposal untuk mendapatkan investornya? Garis besarnya might help to start, nanti bisa saya kembagkan lg.
    thank you much

    Posted by tubagus mika | Januari 16, 2009, 6:54 am
  152. Salam kenal, saya Yani. Sudah 2thn ini menjalani usaha traver biro perjalanan wisata bersama teman saya. Dikarenakan terbentur dana sehingga usaha saya susah untuk berkembang. Maka dari itu saya minta Bapak dapat mengirimkan contoh proposal pendirian travel agent untuk saya ajukan kepada para investor.
    & apa contoh proposal yang saya minta dikenai biaya?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Posted by Yani | Januari 16, 2009, 8:39 am
  153. salam kenal,saia mndpt tugas untuk menganalisis proposal usaha apa pun,,namun saia belum mnemukn yg baik..
    tolong kirimkan saia contoh proposal usaha apa saja,namun yg cukup mudah dipahami..
    trima kasih bnyk..

    Posted by jay | Januari 20, 2009, 2:42 pm
  154. Salam kenal,

    Apakah dby boleh bergabung untuk mendapatkan contoh proposal bisnis?
    Rencna dby ingin mengajukan prosposal buka usaha jasa

    Thanks
    Dby

    Posted by dby | Januari 21, 2009, 2:35 pm
  155. saya minta tolong untuk contoh proposal untuk perencanaan di bidang usaha menengah sepeti UKM .. di dsini saya membutuhkan sponsor / investor yg bisa memback up kami dari segi hak cipta , hukum dan pemodalan untuk biaya pengembangan dan berdirinya ruang kantor kecil serta biaya operational.
    yg mana kami nanti nya ingin membantu temen2 di pedalaman untuk mensuplai produk mereka yg selama ini menurut saya sangat patut kita ancungi jempol… handmade .. rencana kami kami akan mencari produk itu di jawa dan kami akan menitipkan sebagian produk di mal dan mejual ke perusahaan2 local / tading dan tidak menutup kemungkinan untuk dijual ke manca negara juga..

    terima kasih mas cendil..

    Posted by budi santoso | Januari 26, 2009, 5:46 am
  156. assalamu’alaikum
    saya ingin buat suatu kegiatan tentang donor darah tetapi saya tidak tau membuat proposalnya…dengan itu maka saya minta bantuan bapak untuk membuatkan proposalnya…
    atas bantuanya saya ucapkan teriama kasih
    wassalam

    Posted by abdulah | Januari 26, 2009, 11:10 pm
  157. Siang mas Chandil..

    boleh minta tolong di kirimkan contoh proposal untuk bidang pendidikan dan outbound. Untuk saya ajukan ke investor. dan contoh proposal untuk ke customer. Banyak terima kasih mas :)

    Posted by Irma | Januari 28, 2009, 7:05 am
  158. salam kenal saya lidya, saya bekerja di travel agent dan baru berjalan kurang lebih 3 bulan ini, bisa minta tolong kirim contoh surat penawaran supaya client saya tertarik dengan jasa perjalanan kami. terima kasih


    SAY: Wah mbak yang tau produk kan anda… anda coba promosikan produk anda… apa kelebihan produk yang anda tawarkan dibandingkan dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan lain…. good luck

    Posted by Lidya | Januari 28, 2009, 7:19 am
  159. tolong buatkan proposal konser musik

    Posted by niaka | Januari 29, 2009, 1:52 am
  160. salam kenal, saya vira… saya tamatan fakultas peternakan. saya mau dibantu dalam pulisan proposal usaha dalam bidang usaha sapi potong. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

    Posted by elvira nofita | Januari 29, 2009, 6:52 am
  161. pak boleh minta tolong.saya butuh contoh proposal pengajuan dana usaha…..
    saya tunggu kirman contoh proposalnya ya pak…
    atas bantuan dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Posted by yoga | Januari 30, 2009, 2:50 pm
  162. Salam kenal buat anda.

    Saya seorang mahasiswa, ingin sekali mengukir hidup dengan indah tanpa belas kasih sedikitpun dari orang tua, saya ingin mandiri. Saat ini saya mempunyai inspirasi yang sangat cemerlang, namun saya dihadang oleh; bagaimana merealisasikan hal tersebut dengan tangan saya sendiri. Lebih jelasnya, saya sangat membutuhkan adanya sebuah proposal akan hal tersebut yang dapat benar-benar meyakinkan calon investor saya.

    Terima kasih atas perhatiannya serta dengan kepeduliannya.

    Saya haturkan, sebesar-besarnya rasa hormat dan terima kasih serta apresiasi yang begitu tinggi atas apa yang akan anda (proposal business) kirim ke e-mail saya.

    Salam.


    SAY: Silahkan anda buka http://chandil.wordpress.com/category/document-for-sell/ semoga bermanfaat…

    Posted by Vikar | Februari 2, 2009, 1:28 pm
  163. bos tolong beri contoh tntang proposal membuat counter HP.aku dapat tugas dari kampus..makasih sebelumnya

    Posted by wahyu | Februari 5, 2009, 10:54 am
  164. salam hangat,saya manager restoran.yang mau saya tanyakan gimana cara membuat proposal,agar investor itu(memamtapkan investor tersebut)menenamkan modal di restoran saya.

    Posted by Rangga Saputra | Februari 6, 2009, 9:38 am
  165. kalau bisa tolong kirimkan contohnya ke email saya

    Posted by Rangga Saputra | Februari 6, 2009, 9:50 am
  166. Halo
    Mas Saya saat ini butuh modal sekitar 600 juta rupiah untuk bisnis
    ekspor bathtub skala kecil nah permasalahannya saya ingin
    membuat proposal kepada investor tapi gak tahu cara-caranya karena saya masih awam terhadap proposal tolong yah buatin aku proposal
    lalu anda tulis di email lalu kirim ke-emailku
    gimana yah langkah-langkahnya
    tolong dong lampiran apakah yang dari awal dari akhir
    tolong dong beritahu aku yah
    dari lampiran pertama hingga terakhir
    alias susunan apa saja yang terdapat dalam proposal kepada investor

    thanks yah

    Posted by Muhammad Iqbal | Februari 9, 2009, 1:27 am
  167. saya rencana mau buka toko distro di sebuah mall
    mohon bantuannya untuk membuat proposal yg baik dan benar
    txs

    Posted by sony hendriyadi | Februari 12, 2009, 2:12 pm
  168. Salam hangat,
    Mas, bisa tolong dibuatkan proposal usaha agency SPG…..
    saya tunggu emailnya.
    Sebelum & sesudahnya aku ucapkan terima kasih.

    Posted by Annie | Februari 13, 2009, 5:02 pm
  169. pak, saya di suruh untuk membuat proposal ke perusahaan untuk mendapat bantuan dari prusahaan tersebut.

    tapi saya sendiri blum pernah membuat proposal yg resmi seperti itu.
    mohon bantuan nya pak,,

    kami adalah sebuah yayasan yg ingin membantu anak2 yg berprestasi tetapi miskin dan butuh bantuan dari yayasan,,
    thanks b4,,

    Posted by arista | Februari 16, 2009, 4:57 am
  170. tolong bantu saya pak.
    dan boleh minta contoh proposalnya di kirim ke email saya,

    thanks b4.

    Posted by arista | Februari 16, 2009, 4:59 am
  171. yang terhormat…….

    mas tolong dong kirimkan contoh format usaha laundry…..tolong dikirim.alit yang ada di bali……

    Posted by ketut alit sutrisna | Februari 20, 2009, 12:38 am
  172. saya mo pingin buat usaha loundry,saya minta tolong di buatkan proposal pendiriaan usaha loundry lengkap dengan asumsi semua modal,sarana dan prasarana untuk menunjang usaha tersebut dan asumsi BEP (hitungan pemasukan,pengeluaran dan BEP) yang akan dilalui.rencana tempat yogyakarta dab depok jawabarat

    terimakasih

    Posted by avis | Februari 24, 2009, 1:44 am
  173. Ass…..
    Saya seorang siswa kelas 3 SMK yang diberi tugas untuk membuat proposal usaha tentang makanan sprt donat,.Tetapi saya kurang tahu bagaimana cara membuatnya.Untuk itu tolong kirimkan contoh proposalnyaa
    Wss.

    Posted by Nurtuti | Februari 25, 2009, 2:58 am
  174. tolong kirimkan saya contoh proposal untuk tugas akhir saya di smk yang mengambil tema usah kecil dan menengah,dan prodak saya donat kentang saya mohon sekali karna saya bingung sekali.

    Posted by rahma | Februari 28, 2009, 1:25 am
  175. saya mau mintak tolong bisa nggak buatkan proposal tentang kegiatan pemuda seperti ronda/poskamling

    Posted by RIZKY | Maret 1, 2009, 10:52 am
  176. liburan ini pengen magang, tapi ga taw cara buat proposal magang. bisa minta tolong kirimin contoh proposal magang ga??? plizzzz

    ^o^

    Posted by chibi | Maret 3, 2009, 10:04 am
  177. saya pengurus kelompok tani subur makmur jaya di daerah bojonegoro jawa timur, saya ingin mendirikan warnet didesa kami, warnet sekarang ini sudah mnjadi kebutuhan yang sangat mendesak untuk semua orang. apabila kami membutuhkan imformasi yang sifatnya online harus kekota.maka dengan ini kami ingin mengajukan bantuan untuk usaha warnet dalam bentuk hibah atau pinjaman lunak. kemana harus mengajukan proposalnya, terima kasih atas impormasinya

    muhadi wijaya
    ds.sidodadi kec. sukosewu bojonegoro jatim

    Posted by muhadi wijaya | Maret 6, 2009, 4:35 pm
  178. slmt malam pak, perkenalkan nama saya darman, saya berniat untuk usaha counter hp, saya mohon bantuannya untuk dibuatkan contoh proposal untuk membuat usaha counter handphone (hp second, pulsa fisik+elektronik, aksesoris, dll). Saya masih awam tuk buat proposal, rencana om saya mo kasih modal tapi dengan syarat harus buat proposal, tuk counter hp, saya sdh punya tempat tapi masih kosong blm ada meja to etalase tuk memajang hp second to kartu perdana, voucher isi ulang brbagai operator, sudi kiranya bapak mau memberi contoh proposal tuk counter hp, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih

    Posted by darman | Maret 11, 2009, 3:12 pm
  179. Pa Chandil

    Saya tertarik untuk mendapatkan contoh konsepnya. Dengan segala kerendahan hati saya mohon di email ke saya.

    Trimakasih

    Hermes

    Posted by Hermes | Maret 13, 2009, 9:02 am
  180. pak…,saya dion,kelas 3SMA!saya bisa minta tolong dibuatkan contoh proposal karya tulis tentang EKONOMI..?judulnya terserah deh pak….!saya bingung banget…!gurunya cuma ngasih tugas tanpa ada penjelasan…!

    Posted by dion | Maret 26, 2009, 11:14 am
  181. tolong contohnya di email ke email saya ia pak…
    maacih….

    Posted by dion | Maret 26, 2009, 11:15 am
  182. assww.pak,bisa bantu saya kirimin contoh proposal sunatan massal pak!!
    makasih sebelumnya pak

    Posted by syamsir. | April 4, 2009, 3:17 pm
  183. Bisa minta tolong kirimkan contoh proposal pengajuan sewa tempat usaha di mall?
    Terima Kasih banyak atas bantuannya.

    Posted by Aderatma | April 6, 2009, 7:44 am
  184. saya seorang pelajar di smk saya ingin membuka usaha kecil tetapi saya belum bisa membuat proposal tentangn usaha itu. Saya mohon bantuan untuk dibuatkan proposal mengenai produksi kue banjar. contoh bisa dikirim ke yulia_2pj1@yahoo.com

    terima kasih

    Posted by yulia_2pj1@yahoo.com | April 8, 2009, 2:25 am
  185. Mohon bantuannya dalam pembuatan proposal kerjasama dalam bisnis jasa. Jika ada contohnya mohon dikirim ke alamat imel saya…

    Posted by Bagus | April 15, 2009, 1:07 pm
  186. tolong kirimkan contoh proposal pembuatan counter HP

    Posted by wahyuni | April 22, 2009, 5:23 am
  187. tolong kirimkan contoh pembuatan proposal counter Hp

    Posted by wahyuni | April 22, 2009, 5:28 am
  188. salam kenal,
    Pak,, bisa tolong email contoh proposal pendirian perguruan tinggi swasta?

    Posted by rendra | April 27, 2009, 5:51 am
  189. tolong pak saya dikirimkan atau dibuatkan proposal mendirikan Bioskop Mini, dengan kapasitas ruangan bisa menampung 20 orang sekali show. Proposal ini penting karena akan saya tunjukin buat teman yang akan saya ajak kerjasama. Saya bersedia mengganti biaya proposalnya. Terimakasih, saya menunggu di email saya : notrombeta@rocketmail.com

    Posted by maston | Mei 8, 2009, 11:57 am
  190. Saya mau membuat sebuah proposal untuk menyewakan media untuk advertising. Apa bisa bapak atau ibu memberikan contoh proposal yg baik dan benar sesuai dengan kaidah. Terima kasih…

    Posted by agus | Mei 8, 2009, 6:20 pm
  191. Slm knl..
    tolong kirim contoh pembuatan proposal tentang industri manufaktur..
    thanks

    Posted by sutriandi | Mei 17, 2009, 1:14 pm
  192. saya tertarik dengan apa yg Bpk tulis diatas, saya boleh minta contoh proposal kerjasama dengan pihak Rumah Sakit Bersalin untuk pembuatan souvenir semacam foto frame bayi yg baru lahir, apakah surat penawarannya di tujukan kepada bag. adm /personalia atau ke pihak Direksi langsung, trima kasih pak Pitra semoga bermanfaat buat kita semua, mohon jawaban di reply lewat email saya zizarahmadhani@yahoo.com

    Posted by ziza | Mei 21, 2009, 5:20 am
  193. Makasih. aku kopi buat tugas ah!

    Posted by sundagasik | Mei 22, 2009, 8:15 am
  194. Salam Sukses selalu,
    Saya Kusuma, seorang karyawan yang ingin mengembangkan sayap dalam dunia enterpreneur, dan saya mohon bantuan Bapak untuk mengirimkan kepada saya contoh proposal pengajuan barang. Dalam hal ini saya ingin mengajukan penawaran untuk Air Isi Ulang ke sebuah perusahaan.
    Mohon bantuan Bapak.
    Sukses selalu untuk Pak Pitra. Dan jangan lupa di app untuk friends yang di FB.Terima kasih

    Posted by KUSUMA | Juni 22, 2009, 2:24 pm
  195. Asskm, mas…salam knal…
    Bisa minta tolong… sy pengen bikin sebuah proposal permohonan sponsor kegiatan olahraga prgatan 17 Agustus ke sebuah perusahaan…. Kalo bisa dikirim ke email sy Blunderstep@yahoo.com. Makasih mas…
    Wassalam..

    Posted by Hartono Umar | Juli 3, 2009, 12:29 pm
  196. Mohon di kirimkan contoh proposal ke Perusahaan atau instansi pemerintah untuk menawarkan kerjasama perumahan untuk karyawan di PT / Instansi tersebut.

    Terima kasih,

    Posted by wahyu | Juli 10, 2009, 4:35 am
  197. Assalamualaikum,
    Selamat pagi Mas..

    Saya masuk blog ini dari google dengan keyword “contoh proposal penawaran internet untuk cafe”

    sesuai dengan key saya, saya sedang mencari proposal penawaran internet untuk sebuah tempat makan atau kafe. Saya bekerja di sebuah internet provider dan baru mendalami profesi ini sehingga membutuhkan panduan.

    Dengan komen sebanyak ini dan SEO yang baik rasanya sayang sekali bila postingan ini di tinggalkan begitu saja. Kalo bisa saya ingin meminta contoh proposal untuk pengadaan internet di sebuah cafe sehinggan cafe tersebut menjadi hot-spot zone. Saya tidak bisa menyusun kata perkata dengan benar soalnya

    Email : rajapeka@yahoo.com

    Mohon di kirimkan ke email ya pak

    thx

    Posted by AMien | September 21, 2010, 3:11 am
  198. salam
    bs tlng emailkan contoh proposal pendirian depot air minum
    terimakasih

    Posted by isna | Desember 8, 2011, 3:36 pm
  199. Salam kenal,
    Saya ingin membuat produk penawaran untuk produk-produk advertising saya ke perusahaan-perusahaan dan berbagai tempat lainnya.
    Apa bisa saya dibantu diberikan contoh proposal penawaran yang simpel namun mengena?
    contoh proposal bisa dikirimkan ke email saya di chillyvermouth@yahoo.com
    Terima kasih

    Posted by Chiyoko Murasaki | Januari 12, 2012, 1:15 pm
  200. pak saya fachri,dr delanggu.boleh mnta tlong krimkan contoh proposal usha dlm bidang otomotif,klo bs skrg y?
    krn mendesak……….
    thankz sblmnya pak………..

    Posted by fachri suseno | Februari 21, 2012, 2:04 am
  201. tolong dikirimkan contoh proposal pengajuan perlengkapan kantor

    thank’s

    riiv

    Posted by rifiyanti | Februari 22, 2012, 8:16 am
  202. mohon diemail balik pak ya ke rivi_rifiyanti@yahoo.com

    Posted by rifiyanti | Februari 22, 2012, 8:18 am
  203. salam kenal, saya mau membuat proposal kerjasama dengan CRS, baik perusharaan maupun stasiun TV untuk kegiatan baksos pelayanan kesehatan Operasi katarak dan peterigium serta penaganan gangguan jiwa di masyarakat, saya kurang mengerti membuatnya apa yang saya buat sekarang kayaknya belum sreglah ddengan struktur proposalnya mohon, bantuan mas…

    Posted by afrizal | Februari 26, 2012, 8:07 am
  204. assalamu’alaikum..
    selamat malam pak..
    pak mohon bantuannya untuk membuat proposal tentang usaha menjahit sebab saya baru mulai membentuk usaha ini,saya ingin minta bantuan dana kesebuah intansi tapi saya belum tahu bagaimana cara membuat propsosal yang sesuai dengan prosedur yang baik

    mohon di mkirim k email saya ya pak : nandafirman24@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya pak…

    Posted by zainimar | Juni 29, 2012, 1:17 pm
  205. Monggo dikirimkan ke saya draft nya pak… Nanti saya kasih masukan

    Posted by chandil | November 14, 2012, 5:32 pm
  206. Saya setuju dengan pendapat Anda.
    Walau bermodal tool gratisan, upaya kita harus makin ditingkatkan.

    Posted by Hosting gratis | Agustus 11, 2012, 12:40 pm
  207. Hi there! Do you know if they make any plugins
    to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not
    seeing very good gains. If you know of any please share.
    Many thanks!

    Posted by Nasiha Nigam | Januari 27, 2013, 8:59 pm
  208. tolong dibantu, saya mau bikin proposal pengajuan dana ke bank atau perusahaan swasta untuk pembuatan lampu taman berbentuk neon box dan ditempatkan dibeberapa titik ditaman kota

    Posted by ahfny | Maret 1, 2013, 11:57 pm
  209. Wow, wonderful weblog structure! How lengthy have you ever been running a blog for?
    you make running a blog look easy. The overall glance of your website is wonderful, let alone the content material!

    Posted by Jerome | Mei 2, 2013, 5:30 pm
  210. assalamualikum pak chandil..saya wan dari malaysia..mohon bantuan..saya mahu membuat proposal untuk memohon berniaga di hentian lebuhraya(highway).. saya tidak berapa cekap untuk membuat kertas kerja(proposal)..mahon bantuan bapak

    Posted by wan | September 10, 2013, 12:50 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Bagaimana Membuat Proposal Yang Baik « Sharing Vission To Be A Better Person - November 16, 2012

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

