//
you're reading...
Business Idea, Business Proposal, Business Review, Enterpreneurship, IT Business, Knowledge, RT/RW Net

Teknologi Jaringan RT/RW Net

Ada 2 teknologi jaringan yang akan digunakan dalam implementasi RT/RW Net di lingkungan Anda ini, yaitu:

  • Teknologi Wireless Wi-Fi
  • Teknologi Jaringan Kabel UTP

Masing-masing teknologi mempunyai kelemahan dan kekurangannya. Kami melayani pelanggan kami dengan kedua teknologi tersebut diatas, tentunya dengan beberapa pertimbangan-pertimbangan teknisnya.

 

Jika anda tertarik untuk mencari investor atau ingin memulai bisnis RT/RW Net, maka proposal ini sangatlah berguna bagi anda untuk menilai prospek bisnis RT/RW Net secara global baik dari sisi investasi, keuangan, dan pemasaran. Anda ingin membeli proposal ini silahkan buka page Beli Dokumen

 

 

TEKNOLOGI WIRELESS WI-FI

Teknologi yang digunakan dalam solusi RT/RW Net ini adalah teknologi “Wireless Wi-Fi “ dengan standar IEEE 802.11b/g yang beroperasi pada frekuensi 2.4GHz dengan kecepatan transfer data 11Mbps/54Mbps maksimum.

Keuntungan penggunaan teknologi ”Wireless Wi-Fi” ini adalah:

  1. Perangkat wireless untuk teknologi wireless Wi-Fi ini sudah umum digunakan dan harganya sudah menjadi relatif murah.
  2. Sebagian besar notebook tipe terbaru sudah dilengkapi dengan perangkat network wireless dengan teknologi Wi-Fi ini.
  3. Area jangkauan yang lebih fleksible dikarenakan tidak dibatasi oleh jaringan distribusi seperti bila menggunakan kabel UTP maupun fiber optic. Secara teoritis dengan daya pancar 100mW sudah dapat menjangkau area (berbentuk lingkaran) 1 – 2 km didukung dengan tinggi tower yang memadai.
  4. Ditinjau dari sisi investasi jauh lebih murah untuk menjangkau area yang besar dibandingkan solusi kabel.
  5. Biaya pemeliharaan yang relatif murah dikarenakan tidak ada perangkat atau jalur jaringan yang berada pada area publik/umum dimana potensi kerusakan atau kehilangan alat lebih besar dibandingkan dengan solusi kabel UTP.
  6. Teknologi Wi-Fi sangat pesat perkembanganya sehingga investasi ke depan akan lebih murah dengan perangkat yang berkecepatan lebih tinggi dan menjangkau area lebih luas.

Kekurangan penggunaan teknologi ”Wireless Wi-Fi” ini adalah:

  1. Harus ada peralatan wireless yang dinstalasi pada sisi user sebagai penerima/pengirim sinyal balik. Namun biaya investasi ini bisa sedikit ditekan dengan memberikan tambahan biaya instalasi pada user yang akan menggunakan jasa ini pertama kali atau bila perlu user akan membayar seluruh biaya perangkat wireless tersebut. Sedangkan solusi kabel UTP hanya perlu melakukan instalasi kabel hingga mencapai titik computer user, tanpa peralatan tambahan.
  2. kecepatan transfer data yang didapat relatif kecil 1-54Mbps dibandingkan kabel UTP 10-100Mbps. Namun untuk keperluan koneksi internet kecepatan 1Mbps sudah sangat memadai dan masih cukup untuk digunakan layanan lainya seperti VoIP, web camera, dll.

 

TEKNOLOGI KABEL UTP

Selain dengan menggunakan teknologi “Wireless Wi-Fi “ kami juga menggunakan teknologi Jaringan Kabel UTP. Teknologi ini memiliki standar kecepatan yang lebih tinggi yaitu 100Mbps

Keuntungan penggunaan teknologi ”Jaringan Kabel UTP” ini adalah:

  1. Investasi pad sisi pelanggan lebih murah
  2. Kecepatan transmisi data lebih tinggi dibanding Wi-FI (10-100Mbps)
  3. Aplikasi yang dimanfaatkan bisa lebih banyak dikarenakan bandwidthnya yang tinggi (gameonline, file sharing, video streaming, dll)
  4. Tidak rentan terhadap penyadapan data dibanding teknologi wireless

Kekurangan penggunaan teknologi ”Jaringan Kabel UTP” ini adalah:

  1. Rentan terhadap gangguan petir namun dapat dikurangi dengan penggunaan surge protector.
  2. Kemungkinan gangguan atau kerusakan lebih tinggi karena melalui area publik.
  3. Biaya pemeliharaan relatif tinggi karena harus dipersiapkan untuk penggatian switch atau kabel yang rusak.
About these ads

Tentang chandil

Just an ordinary person who want to conquer the world

Diskusi

11 pemikiran pada “Teknologi Jaringan RT/RW Net

  1. ada 4 orang disekitar warnet saya yang menyadap jaringan wireless tanpa ijin. maaf gimana cara memblokernya?

    terims

    Posted by Ibnu | Juli 22, 2007, 3:38 am
  2. pake MAC filter..

    Posted by sasmito | Agustus 2, 2007, 7:28 am
  3. Pak…

    saya ingin membangun RTRW net di kompleks saya..
    ada referensi gak mengenai topologi jaringan utk Wireless ?
    saya bingung nih untuk pemilihan perangkat2 nya..

    thanks atas bantuannya..

    Posted by sasmito | Agustus 2, 2007, 7:40 am
  4. Salam Kenal buat pak chandil

    saya sangat bersyukur mendapatkan beberapa tulisan dari bapak. mengenai RT-RW Net. dan sudah lama saya mencari informasinya. Saya di Makassar berencana ingin membuat RT-RW net. di perumahan sekitar tempat usaha saya sekarang. usaha yang saya kembangkan sekarang yaitu web design, dan Warnet. setelah melihat dan mendengar beberapa masukan dari beberapa warga yang ada di sekitar, mereka mengiginkan akses internet dari rumah mereka masing-masing dengan jalan menarik kabel dari warnet saya, namun sangat mustahil menurut saya. untuk itu saya mohon bantuan dari bapak mengenai informasi bagaimana membangunya, berapa biaya yang dibutuhkan, peralatan yang harus disiapkan, dan keperluan lain yang harus disiapkan.

    atas bantuanya saya ucapkan terima kasih.

    Salam
    Alamsyah Rauf
    Makassar

    Posted by alamsyah | Agustus 16, 2007, 4:39 am
  5. ‘lam kenal..
    mas di rt saya ada rencana ingin membuat rt/rw net… gimana caranya ya mas..
    instalasinya, dan sampai sejauh mana jarak yang bisa ditempuh dengan menggunakan kabel utp.
    trims, (please..urgent…)

    Posted by Dina | Agustus 21, 2007, 5:17 am
  6. Salam,
    Dari pengalaman saya membangun RT/RW net dilingkungan saya adalah bagimana menentukan harga dan bagaimana menjelaskan pada calon pelanggan. Bersyukur, saat ini berjalan dengan baik.

    Posted by Adi | Agustus 24, 2007, 1:57 am
  7. salam,
    wah sangat bermanfaat sekali tulisan mas ini, saya jadi ingin mempraktekkannya, tapi saya bener2 awam masalah RT/RW net. untuk itu saya mohon bantuan dari mas mengenai informasi bagaimana membangunya, berapa biaya yang dibutuhkan, peralatan yang harus disiapkan, dan keperluan lain yang harus disiapkan.
    terima kasih sebelumnya.

    Posted by adio | Agustus 31, 2007, 7:22 am
  8. hi..
    Salute sama abang….numpang iklan bang……
    saya ada info tentang Rt/Rw Net di makassar.
    Saya mau jual perangkat Rt/Rw Net plus Tower 20m beserta 2 income, wifi merek linksys 2 buah dan 1 wifi merek senao, dan 2 antena rotena,…bagi yang berminat hubungi : di email saya :abednegolukman@redblacknet.com…

    thanks

    Posted by Abed Redick | Desember 29, 2007, 1:38 pm
  9. mo kasih masukan buat RT/RW net berbasis teknologi kabel utp, teknologinya 100 MBps tu kan uda ketinggalan mas, sekarang kan uda masuk teknologi gigabit ethernet (1000 MBps), cepet banget kan.
    cuma bisa ga yachhh…? IIX ma IX suport kecepatan tersebut. trus kalo rt dan rw -nya macem di Boja, bisa ga yachhh tarik kabel utp sampe 5 kilo?
    gimana dunk massss?

    Posted by ryu tama | Februari 25, 2008, 3:36 pm
  10. OM, aku mau tanya neeeh mengenai ijin usaha ???

    kalo aku mau buka network / jaringan wifi seperti rt/rw net , nah ijin usaha bagaimana ???

    kalo aku beli BW dari ISP dan aku jual lagi ke warga dan kadang ketemu rekan atau sahabat yang jaraknya sampe 10km, apakah ini perlu ijin khusus, karena kan menggunakan tower sd 35 meter. dan membuat beberapa link network lagi, mohon pencerahan nya om
    supaya nanti kalo sudah berjalan tidak di bredel sama postel atau balmon. juga mengenai hal pajak neeeh he he he

    salam hangat

    Posted by Daniel | Maret 20, 2008, 7:34 pm
  11. BROADLINK – INDONESIA INTERNET SERVICE PROVIDER

    Bila Anda membutuhkan akses internet kecepatan tinggi untuk mendukung aktifitas Anda sehari hari, sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memanfaatkan layanan dari Broadlink Internet Service Provider (www.broad-link.com).

    Broadlink Internet Service Provider memberikan beragam pilihan teknologi akses internet Broadband Anda dengan coverage layanan seluruh Indonesia yang dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda seperti:

    1. Broadlink Wiring Ready: Paket internet Broadband, melalui Fiber Optic yang tersedia di hampir 100 Gedung Perkantoran & Apartment di Jakarta. Paket Hemat dari Broadlink dapat digunakan untuk kecepatan 384 Kbps Rp 750.000/bulan dan 512 Kbps Rp 950.000/bulan. Untuk Paket Dedicated Corporate juga tersedia dengan harga yang sangat competitive.

    2. Broadlink ADSL: Akses Internet Broadband melalui jaringan kabel telepon dengan kecepatan 384 Kbps, 50 kali lebih cepat dibandingkan dengan layanan internet melalui teknologi telepon biasa (Dial Up). Tersedia 2 pilihan paket yaitu Unlimited Personal Rp 888.0000/bulan dan Unlimited Corporate Rp 1.490.000/bulan. Coverage layanan Jabotabek, Serang, Cilegon, Karawang, Purwakarta.

    3. Broadlink Fixed Wireless – 5.8 Ghz, 3.3 Ghz dan 2.4 Ghz: Teknologi frekwensi 2.4 Ghz memungkinkan pengguna internet mendapatkan akses internet Broadband dengan biaya murah mulai Rp 250.000/bulan. Untuk frekwensi 3.3 dan 5.8 Ghz dikhususkan untuk Paket Dedicated yang cocok untuk Warnet, Corporate, mulai Rp. 1.000.000/bulan. Customer Broadlink akan dipinjamkan perangkat wireless, sehingga tidak perlu investasi. Layanan ini tersedia di seluruh kota besar di seluruh Indonesia.

    4. Broadlink Satellite (VSAT): Dengan pemanfaatan satelit resmi pemilik ijin NAP, akses internet dapat digunakan di seluruh Indonesia. Akses broadband tersedia melalui VSAT C Band dengan harga mulai Rp 2.500.000/bulan untuk 256 Kbps.

    Mengapa harus pilih Broadlink? Koneksi internet dari Broadlink tersedia Unlimited 24 Jam. Dengan sistem ini customer tidak perlu pusing memikirkan tagihan yang akan berubah-ubah setiap bulannya bila customer berlangganan dengan sistem melalui teknologi Dial Up / Line Telepon. Pembagian internet dari Broadlink diinformasikan secara transparant dan backbone internet terhubung melalui koneksi multi backbone fiber optic & VSAT.

    Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai layanan kami, atau Anda bermaksud untuk bekerjasama dengan kami melalui program Freelance, Partnership dan Dealership. Silahkan Anda hubungi kami di info @ broad-link.com ( info at broad-link.com ), website www. broad-link. com, atau hubungi kami di: 021-70645670 dan HP: 08156045678, 0856 91282777

    Akses Internet Highrise Bldg Rp 750rb/bl, Unlimited ADSL Rp 888rb/bl, Unlimited Residential Rp 250rb/bl, Satelit/VSAT 256 Kbps Rp 2,5 Juta/bl. Teknologi Fiber Optic, Wireless 3.3 & 5,8 Ghz, VSAT C Band coverage Indonesia. BONUS Free Web Design untuk PAKET Corporate. Dicari Local Partner, Freelance seluruh Indonesia. Call : 021-70645670 dan HP: 08156045678, 0856 91282777, info@broad-link.com

    Posted by Broadlink Communications | April 3, 2008, 8:49 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: