//
you're reading...
Enterpreneurship, Knowledge, Marketing Review, Mind Share, Sales

Bagaimana Caranya Meningkatkan Ilmu Sales / Menjual

Beberapa hari lalu saya mendapatkan sebuah ilmu yang cukup penting dalam karir saya sebagai sales. Ilmu ini saya dapatkan dari seorang senior Account Manager dari sebuah perusahaan jasa. Saat itu saya sempat terlibat pembicaraan mengenai cara berjualan secara effektif. Ada beberapa masukkan dari teman-teman saya, dimana teknik berjualan atau gaya berjualan setiap orang berbeda-beda, tidak ada teori khusus yang dapat menggaransi teknik atau gaya tertentu pasti sukses dalam menjual.

Kesuksesan seseorang dalam menjual tergantung dari pengalaman masing-masing individu, yang mana semakin lama seseorang berkutat dalam dunia sales maka makin hebat mereka untuk berjualan. Tetapi tentunya masing-masing individu memiliki kecepatan sendiri dalam mempelajari pengalaman-pengalaman salesnya.

Ada ilmu yang penting yang saya tangkap dalam perbincangan saya dengan teman saya (Senior AM), dia mengatakan jika “Semakin banyak seorang sales bertemu dengan orang, maka semakin banyak pula ia mendapatkan cara untuk menjual”. Setelah saya fahami maksud dari kata-kata tersebut maka saya dapat menyimpulkan jika ingin menjadi seorang sales yang hebat maka dibutuhkan banyak komunikasi dengan berbagai macam orang. Teknik atau gaya menjual kepada setiap orang atau perusahaan berbeda-beda, namun tentunya dapat dibagi menjadi beberapa cara dalam menjual. Jika kita pernah menjual sesuatu kepada orang yang memiliki sifat yang tidak mau kalah, maka suatu saat jika kita bertemu dengan orang yang mempunyai sifat tersebut kita pasti dapat mengatasinya, karena kita mempunyai pengalaman dalam menjual sesuatu kepada orang yang mempunyai sifat tersebut.

Gaya menjual kepada organisasi atau perusahaan pemerintah tentu berbeda caranya dengan cara kita berjualan kepada organisasi atau perusahaan swasta, tentunya beda juga cara berjualan kepada perusahaan yang mempunyai culture Jepang dengan perusahaan yang mempunyai culture US ataupun eropa.

Gaya berjualan dengan perusahaan pemerintah biasanya lebih kepada pendekatan secara personal, sedangakan gaya berjualan dengan perusahaan swasta biasanya lebih kepada pendekatan secara profesional.

Dari beberapa contoh diatas maka ilmu “Semakin banyak seorang sales bertemu dengan orang, maka semakin banyak pula ia mendapatkan cara untuk menjual” itu saya sangat setuju sekali. Jadi jika anda ingin menjadi seorang sales yang hebat maka sering-seringlah anda bertemu dengan berbagai macam karakter orang, sehingga kita tahu bagaimana menghadapi karakter-karakter orang tersebut. Semoga ilmu tersebut dapat bermanfaat. Happy selling.

About chandil

Just an ordinary person who want to conquer the world

Diskusi

47 thoughts on “Bagaimana Caranya Meningkatkan Ilmu Sales / Menjual

  1. semakin banyak anda bertemu orang semakin banyak cara untuk menjual

    Posted by Ardians | April 3, 2008, 12:41 pm
  2. Saya ada masalah dalam penjualan, karena saya sudah belum menemukan cara untuk penjualan yang baik. saya minta tips dari para ahli untuk meningkatkan ilmu marketing saya.

    Posted by ARIUS WIJAYA | April 20, 2008, 3:11 am
  3. ko gitu??
    saya seorang calon sales di perusahaan internasional,saya akan training untuk belajar menjadi sales.Tapi,saya sendiri belum tahu apa saja yang mesti saya lakukan ketika bertemu langsung dengan customer.saya mohon ilmunya…

    Posted by Cicha Koeshendratmo | Juli 26, 2008, 8:52 am
  4. Boleh ikut belajar marketing juga neh?

    Posted by Tempat Cari Duit | Agustus 19, 2008, 3:47 am
  5. Saya sales di suatu perusahaan tapi via telp. sangat sulit bagi saya untuk menawarkan barang, karena lebih sering ditolak oleh operatornya terlebih dahulu.. boleh minta tipsnya?

    Posted by Rina | Agustus 29, 2008, 3:54 am
  6. saya ingin jadi seorang sales yang berhasil.
    bagai mana caranya?……

    Posted by egy | Oktober 15, 2008, 8:11 am
  7. Kalo ga’ ada sales, susah juga kenal ama produk.

    By de way, qoq dari tadi ga’ ada yang naggepin komentar di atas?
    ato jangan-jangan ada forum diluar komen ini-kah?

    Posted by antum | Oktober 17, 2008, 1:12 pm
  8. INGT INGAT SETIAP ORANG DI DUNIA INI ADALAH SALES,contohnya: presiden keluar negeri untuk memperkenalkan negaranya arti lainnya dia menjual negaranya agar investasi bisa masuk, contoh lain, seorang bapak “menjual dirinya “tenaganya” pada satu perusahaan agar bisa bekerja

    NAh nh nah jangan mali untuk menjadi seorang penjual / sales

    Kaffray.K

    General Marketing
    CNC Multimedia

    Posted by jaffray | Oktober 21, 2008, 2:46 pm
  9. saya setuju dengan apa yang bung chandil katakan. kalo boleh saya mau menambahkan sedikit hal yang perlu diperhatikan sebagai seorang sales
    1. jadilah sebagai pendengar yang baik
    maksudnya, dengan kita mendengar ungkapan customer, kita akan lebih mengetahui need (keinginan) customer tersebut
    2. Intonasi suara
    suara keluar dari ucapan mulut kita, yang perlu diperhatikan pola bicara kita, agar tidak terkesan terburu2 untuk menyelesaikan percakapan, dimana hal ini hanya akan menimbulkan kejenuhan dalam percakapan atau kurangnya pemahaman customer atas apa yg kita jelaskan

    demikian mudah2 an bermanfaat

    Posted by ancha | Oktober 24, 2008, 8:21 am
  10. jangan berkecil hati apabila banyak tips yang sudah anda praktekkan tapi dilapangan anda tetap menghadapi kesulitan dalam menghadapi customer, cukup berusaha agar anda tetap nyaman dalam menjalankan profesi anda niscaya anda akan lebih mudah berkomunikasi dan menjalan rencana anda berikutnya.
    Karna apabila suasana enak, anda bisa menjalin hubungan dengan customer dan akhirnya bisa melakukan transaksi penjualan. Goodluck.

    Posted by Ani DO | Desember 2, 2008, 3:19 am
  11. Dulunya saya seorang sales, dan sekarang saya sudah menjadi koordinator sales. Selama 2 tahun berkutat langsung didunia sales, pelajaran yang paling penting adalah, LISTENING ; dengarkan dulu apa yang dibutuhkan pelanggan, setelah kita tahu apa yang dibutuhkannya maka dengan sangat mudahnya kita menawarkan produk yang paling cocok untuk pelanggan tersebut. Seorang sales TIDAK PERLU BERBOHONG agar produknya terjual, yang penting harus punya ilmu RAYUAN MAUT, hehehehe…
    Oya, jangan lupa terapkan juga ilmu RAMAH dan MURAH SENYUM. dan ciptakan jaringan relasi sebanyak-banyaknya…
    GoodLuck… Tetap Semangat Pagi….

    Vhie

    Posted by Evhie_oet | Desember 10, 2008, 8:12 am
  12. setuju banget ……… ya sekedar kesaksian aja awalnya aku juga pernah mengalami krisis PEDE ( percaya diri ) gak berani tampil dimuka umum , tapi seiring waktu karna pengalaman bertemu dengan orang orang yang berbeda dan kebetulan saya bekerja sebagai salah satu staff promotion and leassing akhirnya saya pun bisa.

    Posted by oyke | Januari 12, 2009, 8:44 am
  13. cara/tehnik itu tidak penting yang paling penting dalam pemasaran adalah keinginan kita dalam melakukan pemaasaran sejauh mana keinginan apa yang anda gambarkan dari hasil keuntungan dalam kegiatan pemasaran. jadilah selalu pemasar otomatis tanpa harus selalu terkonsep dan tertata. sehingga kegiatan pemasaran itu suatu pekerjaan yang sangat menyenangkan. sehingga anda bisa melakukan cara pendakatan yang dinamis dan tepat sasaran sesuai objek.

    Posted by ikhsan | Agustus 9, 2009, 2:24 pm
  14. kadangkala menjadi seorang marketer itu membutuhkan mental yg kuat… tapi pada intinya Hal2 pokok yg harus kita miliki adl : 1. DOA : Biasakan sebelum memulai sesuatu dengan doa agar diberi kemudahan olehNYA dalam pekerjaan kita . 2. PD. Ketika berhadapan atau menatap mata calon konsumen kita jangan sampai kalah…. bikin konsumen merasakan kekuatan PD kita leih besar dari konsumen.. caranya ya tentu dengan membuang jauh2 perasaan grogi atau takut. 3. Penguasaan Produk : Penting sekali penguasaan detail ttg produk yg kita miliki baik kekurangan maupun kelebihannya agar jangan sampai menjadi bumerang bagi kita saat konsumen bertanya sesuatu sama kita 4. Tekad yg kuat. jangan pernah menyerah sama kegagalan yg dialami, jadikan kegagalan itu ilmu baru dalam menghadapi orang2 selanjutya. 5. Kembali ke poin 1, 2, 3, 4, 5

    Posted by poetoe | September 29, 2009, 9:04 am
  15. Terima kasih atas masukannya yang sangat baik mas

    Posted by chandil | November 3, 2009, 4:28 am
  16. Saya ini orangnya sulit berbicara atau berhadapan dengan orang baru bahkan dalam perkenalan pertama pun dengan seseorang saya selalu bingung apa yang akan menjadi topik pembicaraan apalagi dalam hal menawarakan produk.Grogi,Takut kena damprat, takut salah, takut ditolak, akut tidak mencapai target, takut sama sekali tidak mendapat seorang pembelipun dan lainya. Memang sih saya ini terkadang mudah emosi.
    Jadii…
    Apa yang bisa saya lakukan untuk merubah problem ini? Apa ada solusi?
    Tentu saya yakin ini pasti ada solusi cuman saya sendiri saja yang belum mampu menemukan jalan tersebut. Mungkin dari anda-anda ini saya bisa mendapat jalan terbaik.
    Terima Kasih

    Posted by Dhony | November 16, 2009, 5:58 pm
  17. sharingnya ini sangat bermanfaat, saya akan tambahkan sedikit dgn 3 langkah menjadi markdting yg tangguh yaitu : TEKAD, SEMANGAT, DAN MENTAL. ketiga aspek ini perlu sebagai persiapan sebelum kita mulai melangkah didunia pemasaran. Good luck..!

    Posted by sofian | April 4, 2010, 11:53 am
  18. Rina>> sy seorang siswa,. Dan sy mnulis ini sesuai pngalaman sy.. buat km yg berjual lwat tlpn, jika sring di tolak,.. Mgkin km bs trapkan cara brjualan di lapangan.. Saat anda kan mnawarkan produk, jangan lgsung mmbicarakan soal produk yg kan anda twarkan. Jadi awalx usahakan anda brbicara seolah olah anda sudah knal lma dgn konsumen tersebut. Stelah itu bwalah pmbicaraan kearah produk. Dan kmudian critakan segla ssuatu yg baik ttg brg anda dah buat dia menyesal jika dia tidak mw membeli produk yg qt tawarkan. Contohx: katakan itu adlh prduk trakhir dan trmurah saat itu. Dan buat i2 mnjadi ksempatan emas buat si konsumen. Dan buat dia seolah olah sangat rugi jika tdk membeli produk yg anda tawarkan. Thx.

    Posted by Hirman | Mei 2, 2010, 1:02 pm
  19. saya sdh jd sales 2 th, tp saya pngin mnjdi sales yg profesional, gmn caranya ya,,,,,,,,tolong ksh tahu dunk

    Posted by rudy | Mei 19, 2010, 10:47 am
  20. BAYANGKAN IMPIAN ANDA ,MEMJADI WUJUT NJATA.BETAPA INDAH,TEBUS IMPIAN ATU DG KERJA KERAS

    Posted by surya | Mei 23, 2010, 9:34 am
  21. JADIKAN ILMU MRNJUAL DALAM KEHIDUPAN ANDA

    Posted by surya | Mei 23, 2010, 9:39 am
  22. Pengalaman yang pasti tak akan kita lupakan, tulisan anda mengigatkan sekelumit kehidupan saya yang telah terlewatkan, saya jadi ingat untuk lebih menghargai waktu dan kesempatan, makasih banyak sobat.
    @ pengantin adat

    Posted by pernikahan adat | Juni 5, 2010, 3:42 am
  23. saya seorang seles tp dalam komunikasi sama caustumer saya msih sedikit kurang,
    kepercayaan diri saya kurang dalam brjualan ”MINTA TIPS’A Y,,,,,,”
    BIR BISA jd seles propesionallllllllllllll

    Posted by widana | Desember 14, 2010, 3:40 am
  24. berikan suatu kenyamanan dalam DIRI CUSTAMER,berikan suatu expresi di dalam fikiran dan gaya tubuh untuk memecahkan susana tegang
    ibaratkan sorum adalah rumah pribadi yg sejuk adem nyaman dan terasa dia ber bicara degn raja…jd kita harus bisa memosisikan di saat kita jadi custamer di mana kala kita jd sales profesional,jd kita harus pandai2 menempatkan n memecahkan ketegan di saat custamer masuk ke dalam sorum ,dan teru tama berikan dia servis custamer yg baik dan nyaman yg terasa dia berbicara seperti sama istrinya di ranjang….GOOOOOOOOO FRINDOM

    Posted by atha | Desember 15, 2010, 1:22 am
  25. saya mulai januari 2011 turun kelapangan jadi sales saya masi bingung .karna blum siap karna big bos yang ngasi perintah harus gmn lagi . yng saya bingung pertama Kenalan
    dengan coustmer baru cara ngomong nya gmn tolong tips nya ya…..

    Posted by chanil | Desember 24, 2010, 9:57 am
  26. chanil, sebelum kamu berkenalan dengan customer kamu sebaiknya kamu mencari tahu dahulu siapa dia. Cari informasi sebanyak banyaknya mengenai siapa dia, baik dari sisi karakter, hobby, pendapat orang lain mengenai dia dan sebagainya. Sebaiknya anda berusaha untuk mendekatkan diri dahulu kepada customer tersebut, sampai dia merasa nyaman berdiskusi atau berbicara dengan anda. Pada saat suasana sudah mulai mencair silahkan anda mendiskusikan apa yang anda ingin diskusikan.

    Posted by chandil | Desember 28, 2010, 7:27 am
  27. yang saya bingung ketika menghadapi customer baru …
    dan pas takut kehabisan obrolan apayang saya harus lakukan karna saya baru mu terjun kedunia sales… tolong tips nya… tnk yu

    Posted by chanil | Desember 27, 2010, 5:41 pm
  28. memang betul ksmln spti d ats ……..TP YG SY tnykn gmn cr pnglhan trhdp castumer??????MKSH

    Posted by SUTANTO | Desember 5, 2011, 8:55 am
  29. Setuju… itu yang saya pernah alami . Saya dulu merasa tak punya bakat dalam bidang penjualan ,tetapi dengan arahan yang diberikan oleh atasan saya dan saya mengikuti arahan tersebut , dengan sendirinya naluri menjual gaya saya sendiri muncul .

    Posted by Isa Juarsah | Desember 20, 2011, 10:45 am
  30. Lontarkan prtanyaan2 ringan sptar dirinya. tp yg sifatnya umum. bukan yg sifatnya pribadi.

    Posted by kimun | Januari 13, 2012, 3:40 am
  31. guys ….ingat ilmu marketing yg paling manjur adalah ”siapa menanam benih maka dia juga yg akan menuai buah….tetap fokus…

    Posted by eka sari | Januari 17, 2012, 3:05 pm
  32. Sy seorang salesman yg bergerak dibidang home appliances kurang lebih sekitar 5 thn bekerja diperusahaan orang lain.Dan sudah 2 bln terakhir ini kebetulan sy sudah berdiri membuat perusahaan sendiri walaupun masih kecil.Areal pasar sy yaitu di instansi-instansi pemerintahan,dsb.Pertanyaan sy adalah,kenapa pada saat sy dilapangan dan ingin melakukan pekerjaan tersebut terkadang masih kurang percaya diri,semangat naik turun,dan emosi sy juga tidak stabil.Padahal ini sekarang adalah usaha sy sendiri.Yg seharusnya dengan mati-matian sy harus memperjuangkannya.Trmksh.

    Posted by Mylan | Maret 11, 2012, 1:22 pm
  33. Saran saya sering2 bergaul dengan sesama pengusaha pak, sehingga bisa share ilmunya

    Posted by chandil | November 14, 2012, 5:38 pm
  34. yap hadapilah customer dengan ramah dan murah senyum itu penting,,hehehe

    Posted by lisa | Mei 15, 2012, 9:56 am
  35. Kalau terlalu fokus pada kata “menjual”, produk yang anda jual ga akan laku-laku, karena customer bisa merasakan “desakan” anda. Tapi kalau fokusnya adalah melengkapi atau memberikan apa yang dibutuhkan customer, niscaya anda akan berhasil dalam “menjual”

    Posted by Re Sharyna | Agustus 7, 2012, 6:31 pm
  36. semua keluhan nya baguss ‘
    terjawad sudah la keluhan yang saya rasakan,, tuk menjadi sales pro ‘
    tergantung kita kita yg menjalan kan nya,
    erimakasihy buat semua nya,
    amin

    Posted by alin | September 24, 2012, 5:18 am
  37. alin PERMALINK
    September 24, 2012 5:18 am
    Tolong dicatat: Komentar Anda sedang menunggu moderasi.
    semua keluhan nya baguss ‘
    terjawad sudah la keluhan yang saya rasakan,, tuk menjadi sales pro ‘
    tergantung kita kita yg menjalan kan nya,
    terimakasih buat semua nya,
    amin

    Posted by alin | September 24, 2012, 5:19 am
  38. sales adalah sebuah profesi yg membutuhkan keahlian serta ketrampilan, bkn hanya kecerdasan intelektual, tp jg kecerdasan emosional terutama ketrampilan untuk mendekati target atau calon konsumen.

    Posted by anton n aenia | September 28, 2012, 1:15 pm
  39. Luar biasa sekali ringkas dan mudah dimengerti, saya jadi berani untuk berjualan meskipun saya masih awam soal sales, ​☆ thankz ☆ ݪªª Pak…!

    Posted by mahariyanto011 | Januari 13, 2013, 2:17 am
  40. tidak ada yg sulit, tidak ada yang tidak bisa selama kita menjalankannya dan terus memperbaiki. yg terasa berat adalah langkah pertama. maka perlu enegi yg kuat untuk mendorongnya. selanjutnya insya Allah akan terasa mudah. terima kasih

    Posted by salman | Januari 18, 2013, 7:16 am
  41. satu yg hrz di ingat u/menjadi seorng sales :1 jujur
    2 tepat waktu
    3 mengetahui hobby nya
    tks…..met mencoba….

    Posted by rudi lindung | Maret 18, 2013, 7:00 am
  42. sales adalah ujung tombak perusahaan, karena suatu produk perusahaan itu bisa berjalan tergantung pada sales itu sendiri.
    jadi jika anda adalah seorang sales. Anda harus bangga dan percaya diri. sebelum anda memasarkan produk, anda harus mengenal dan mengetahui keunggulan produk yang anda ingin tawarkan, selain itu anda harus bisa mengalakan rasa ketakutan diri anda.
    Dan yang paling penting anda harus fokus dan jgn patang menyerah…

    Posted by win | Maret 27, 2013, 4:49 pm
  43. udah ga aneh buat saya

    Posted by irwan | April 15, 2013, 3:21 pm
  44. luarr biasaaaaa……untuk rekan-rekan yang ad forum ini,,,tidak ada hal yg tidak mungkin tercapai,,semua itu dari kekuatan kita sendiri,,,!!bagi saya sales itu unik dan indah,,,,,!!tanpa sadar sales hampir digunakan dalam kehidupan sehari-sehari,,?maka dari itu dunia sales itu ilmu terlengkap…yang selama ini saya pelajarii…semua btuh perjuangan dan doa untuk menggapai sukses..,motto hidup saya jadikan hari-harimu sebagai motivasimu,,,,!!!!semagad dan selalu optimissss,,,untuk menggapai impiaaann,,

    Posted by iwan UDN | Juli 2, 2013, 12:48 pm
  45. saya menjadi sales sudah 2 tahun, tapi saya belum mempunyai cukup mental untuk masuk ke instansi-instansi baik itu pemerintahan atau instansi swasta, adakan trik nya agar saya tidak lagi takut melakukan hal tersebut/

    Posted by dedy irawan | Oktober 7, 2013, 5:22 am
  46. pelajari ilmu psikologi….. dan andalah yg paling profesional

    Posted by ivan. s | Maret 8, 2014, 1:59 am

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

