//
you're reading...
Business Review, Enterpreneurship, Marketing Review

Si Pemikir dan Sang Pelaksana

Kemarin saya berbincang-bincang dengan salah satu peminpin sebuah Moving Company, beliau mempunyai beberapa permasalahan dan akhirnya beliau curhat kepada saya. Pada awal tahun 2006 lalu beliau membagun 3 buah anak perusahaan. Pada saat diaudit beberapa bulan yang lalu ternyata ketiga anak perusahaan tersebut secara financial minus, penagihan kepada client macet, SOP yang sudah dibangun ternyata tidak dilaksanakan dengan konsisten, dan proses marketing yang berjalan tidak sesuai dengan margin yang diharapkan. Setelah beliau bicara banyak, saya akhirnya dapat menyimpulkan jika proses conttrolling dan proses requiting SDM diposisi manajemen yang tidak sesuai dengan kriteria.

Ada beberapa masukkan yang saya sampaikan kepada beliau.

1. Ada kesalahaan beliau dalam memilih pucuk pimpinan manajemen dalam anak perusahaannya. Kalau saya lihat beliau lebih memilih seorang pelaksana lapangan dibandingkan dengan seseorang yang mempunyai ilmu manajemen yang baik. Hal ini dikarenakan seorang pelaksana lapangan lebih mengerti pangsa pasar, tetapi kurang mengerti me-manage perusahaan. Si Pemikir biasanya lebih ahli dalam mengatur sebuah perusahaan. Perusahaan tidak melulu soal menjual, tetapi lebih pada “bagaimana menjual”, “bagaimana koordinasi antar personel di perusahaan menjadi lebih baik”, “bagaimana membuat SOP yang dapat sesuai dengan budaya perusahaan” dan lain-lainnya.

2. Strategi kerjasama yang belum teratur rapih. Hal ini menyebabkan proses berjalannya anak perusahaan semaunya sendiri, tanpa control yang jelas dari induk perusahaan. Sistem kewenangan seperti apa yang di berikan oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan, hal ini harus diatur dengan baik.

3. Permodalan yang kurang, hal ini mungkin hal yang sangat klasik dari sebuah perusahaan yang sedang berkembang. Biasanya perusahaan yang berkembang selalu ragu untuk menginvestasikan modalnya untuk pengembangan usahaanya. Hal ini dikarenakan modal yang disediakan biasanya selalu nanggung. Sebenarnya masalah permodalan ini dapat dikurangi dari sisi resikonya, yaitu dengan menggunakan sistem Franchising, Partnership, Joint Venture dan lain-lainnya.

Mudah-mudahan masukkan dari saya kepada beliau dapat memberikan angin segar dalam beliau menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Maju terus pantang mundur… tentunya dengan perhitungan yang matang bos……

Si Pemikir : Si pemikir biasanya lebih detail dalam menganalisa sebuah permasalahan yang dia hadapi, lebih banyak mendengar dibandingkan berbicara, mempunyai kemampuan dalam mengontrol orang-orang disekitarnya, mempunyai pandangan lebih jauh kedepan dibandingkan dengan orang sekitarnya, mempunyai konsep-konsep dan ide-ide bisnis yang lebih masuk akal dengan disertai dengan detail informasi yang lengkap.

Sang Pelaksana : Sang Pelaksana biasanya lebih berorientasi pada tujuan dengan tidak terlalu mempertimbangkan prosesnya, mempunyai kemampuan berbicara yang baik terhadap calon atau sang kliennya, lebih banyak berbicara daripada berpikir hal ini untuk menutupi kekurangan dia dalam hal-hal yang lebih detail.

About chandil

Just an ordinary person who want to conquer the world

Diskusi

2 thoughts on “Si Pemikir dan Sang Pelaksana

  1. dear mas chandil,

    tulisan tentang sang pemikir dan si pelaksana teh gue banget…🙂
    nah saya adalah si pelaksana yang diberikan beban besar menjalankan roda perusahaan yang serba ngepas! walhasil perusahaan kami hanya berjalan selama 2 tahun!! miris sekali kalo mengingatnya.
    tapi pengalaman selama 2 tahun itu ibarat ilmu buat saya, yang notabene terjun dulu baru belajar. kesalahan memilih partner kerja juga hal yang penting banget ya ternyata. times don’t change but peoples do ( kaya lirik lagu aja ya ).
    so, terimakasih atas tulisannya yang menyadarkan diri bahwa masalah yang telah menimpaku itu tak hanya kualami sendiri.

    Posted by pipit | Agustus 20, 2007, 5:48 am
  2. mas minta no tlp nya dong saya mau buat internet rt rw di tempat saya

    Posted by adhit | September 12, 2007, 1:08 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: